Main Article Content

Cindy Fitri Liana
Bosker Sinaga

Abstract

Banyaknya anak-anak yang mengalami kesulitan dalam belajar sehingga berdampak buruk pada prestasi belajar sang anak. Kesulitan tersebut bukan disebabkan oleh kemalasan sang anak melainkan karena penyakit dyslexia. Penyakit ini sering tidak dipahami atau diketahui dilingkungan nya termasuk orang tuanya sendiri sehingga banyak anak-anak yang sering dianggap bodoh dan lamban dalam belajar. Sistem pakar dapat digunakan untuk membantu memecahkan masalah dalam hal membantu masyarakat terutama orang tua karena keterbatasan biaya dan minimnya dokter  dalam menentukan terapi pengobatan. Penelitian ini menggunakan 3 jenis penyakit dyslexia yang diambil dari pakar yaitu dyslexia visual (penglihatan), dyslexia auditoris (pendengaran) dan dysgraphia (bentuk tulisan) dengan 17 gejala. Pembuatan aplikasi sistem pakar berbasis web ini menggunakan PHP dan MySQL sebagai databasenya serta metode naïve bayes. Berdasarkan penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa sistem pakar diagnosa penyakit dyslexia pada anak dengan metode naïve bayes berbasis web telah berhasil dibangun dan memberikan hasil diagnosa penyakit dengan nilai klasifikasi tertinggi sebagai hasil akhirnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Aji, K. (2019). Sistem Pakar Tes Kepribadian Menggunakan Metode Naive Bayes. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 4(2), 75. https://doi.org/10.31328/jointecs.v4i2.1010
Andamari, S. R., & Amalia, U. (2017). Implementasi Terapi Disleksia Berbasis Android dan Terapi Disleksia Verbal Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pada Anak Disleksia. Psikologia : Jurnal Psikologi, 2(1), 17. https://doi.org/10.21070/psikologia.v2i1.1073
Fadhilah, F., Andryana, S., & Gunaryati, A. (2020). Penerapan Metode Naïve Bayes Pada Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Kulit Pada Kucing. 5(1).
H, N. R. F., & Sasmitha, D. A. (2016). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Jenis Dyslexia. 6–7.
Raharjo, T., & Wimbarti, S. (2020). Assessment of learning difficulties in the category of children with dyslexia. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 79. https://doi.org/10.29210/141600
Ervinaeni, Y., Hidayat, A. S., & Riana, E. (2019). Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Hiperaktif Pada Anak Dengan Metode Naive Bayes Berbasis Web. Jurnal Media Informatika Budidarma, 3(2), 90. https://doi.org/10.30865/mib.v3i2.1158
Hartati, S., & Sari, I. (2018). SISTEM PAKAR DAN PENGEMBANGANNYA (edisi 2). Yogyakarta : GRAHA ILMU.
Endang, W., & Julia, M.V.T. (2017). DISLEKSIA. Deteksi, Diagnosis, Penanganan di Sekolah dan di Rumah (edisi 1). Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.
Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Setyawati, E., Widjayanti, C. E., Siraiz, R. R., & Wijoyo, H. (2021). Pengujian keamanan komputer kriptografi pada surat elektronik berbasis website dengan enkripsi metode MD5. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, 1(1), 56-67.
Haudi, H., Rahadjengb, E. R., Santamoko, R., Putrac, R. S., Purwoko, D., & Nurjannahe, D. & Purwanto, A.(2021). The Role of E-Marketing and E-Crm on E-Loyalty of Indonesian Companies During Covid Pandemic and Digital Era. Uncertain Supply Chain Management, 10, 2022.