Main Article Content

Yuliatika Putri Maulina
Ety Dwi Susanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh promosi dan merchandising terhadap shopping emotion pada produk pakaian di Royal Plaza Surabaya; (2) pengaruh promosi, merchandising, shopping emotion terhadap impulse buying produk pakaian di Royal Plaza Surabaya. Polpulasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menggunakan produk pakaian di Royal Plaza Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan sampel yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Teknik purposive sampling dengan kriteria konsumen berusia ± 17 tahun keatas dan pernah membeli produk pakaian di Royal Plaza Surabaya. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square dengan software smartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dan merchandising memiliki pengaruh yag positif dan signifikan terhadap shopping emotion. Demikian juga promosi, merchandising dan shopping emotion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Secara tidak langsung promosi dan merchandising berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying melalui shopping emotion.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Frendy. (2011). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip. (2005). Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin. (2008). Manajemen pemasaran (marketing management). Edisi 13, Jilid 1. Indonesia: PT. Index.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin. (2007). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kedua belas. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 12, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Banten: Andi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Swastha, B. (2012). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: ANDI.
Willy Abdillah, J. H. (2015). PLS - Alternatif Structural EquationModeling (SEM). Yogyakarta: ANDI
Ghozali, I. (2015). Konsep, teknik, dan aplikasi menggunaan smart PLS 3.0 (Edisi 2). Semarang: Universitas Diponegoro.
Marchellyn Soenjaya, Kezia Gaby. 2015. Pengaruh Store Atmosphere dan Shopping Emotion terhadap Impulse Buying dalam Memilih Restaurant Tenant di Spazio Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra.
Denny Kurniawan, Yohanes Sondang Kunto. 2013. Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Di Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 2, (2013) 1-8.
Faishal Fahd. 2015. Analisis Pengaruh Promosi dan Atmosfer Gerai terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Toko Busana Muslim Kharisma Banyumanik Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro.
Roby Irzal Maulana. 2018. Promosi dan Store Atmosphere terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying. Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 2 September 2018.
Rahmat Hidayat, Risa Erika. 2017. Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying pada Supermarket Halimah Lytech Home Batam Centre. Jurnal Inovasi dan Bisnis, Vol. 5, No. 1, Juni 2017, hlm. 105-113.
Dewa Ayu Taman Sari, Alit Suryani. 2016. Pengaruh Merchandising, Promosi dan Atmosfir Toko terhadap Impulse Buying. Bali: Universitas Udayana.
Febrisa Pawestri Manggiasih, Widiartanto, Bulan Prabawani. 2018. Pengaruh Discount, Merchandising dan Hedonic Shopping Motives terhadap Impulse Buying (Studi Kasus pada Konsumen Robinson Department Store Mall Ciputra Semarang).
Olivia Gunawan. 2010. Pengaruh Visual Merchandising dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying Behaviour yang di Mediasi Impulse Buying Tendency pada “Etude House” Grand City Mall di Surabaya.
Wiyono, Haryanto, Dwi Hastjarja. 2015. Perilaku Impulse Buying Konsumen Retail
Fuad Fakhrudin. 2017. Pengaruh Store Atmosphere, Price Discount dan Merchandising terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotion sebagai Variabel (Studi pada Konsumen Ramayana Deparment Store Cirebon.
Wijoyo, H. (Ed.). (2021). Strategi pembelajaran. Insan Cendekia Mandiri.
WIJOYO, H. (2021). EDUPRENEURSHIP DAN MAHASISWA. Edupreneurship, 21.
Musnaini, M., & Wijoyo, H. (2021). Impact of Variety Seeking, dan Elektronic Word of Mouth of Cosmetic Brand Switching Brand Switching di Industri Kosmetik Indonesia. Ekonam: Jurnal Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, 3(1), 23-32.
Wijoyo, H. (2021). Hukum Bisnis. Insan Cendekia Mandiri.