Analisis Pengaruh Faktor Fundamental Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham

Studi Pada Industri Manufaktur Yang Tercatat Aktif di BEI Periode 2002 – 2009

  • Benny Cuaca STMIK Dharmapala Riau

Abstrak

Indeks kinerja industri manufaktur yang terdapat di BEI dari tahun 2002 sampai tahun 2009 cenderung mengalami peningkatan yang signifikan meskipun  pada tahun 2008 dunia mengalami krisis ekonomi global. Hal ini disebabkan karena setelah krisis ekonomi global tahun 2008, sekitar 2/3 investor dari pasar modal Indonesia adalah para investor asing (Iin Caratri, 2009). Ketertarikan investor asing terhadap industri manufaktur di Indonesia disebabkan karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah sehinnga banyak komoditas yang dapat diproduksi. Oleh karena itu, investasi pada sektor manufaktur sangat menjanjikan di Indonesia.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental kinerja keuangan EVA, MVA, ROA, QAI, PER, DER, PBV, NPM dan EPS terhadap return saham perusahaan manufaktur yang tercatat aktif di BEI. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang telah tercatat aktif di BEI periode tahun 2002 sampai tahun 2009. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan teknik purposive sampling di dalam pengambilan sampel. Dari populasi yang berjumlah 160 perusahaan, diperoleh sampel yang memenuhi kriteria berjumlah 33 perusahaan. Data diperoleh dari data sekunder yang bersumber dari Annual Report perusahaan manufaktur dan Indonesia Capital Market Directory periode tahun 2002 sampai tahun 2009 yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ROA, QAI, PER, NPM dan EPS berpengaruh signifikan terhadap return saham sedangkan variabel EVA, MVA, DER dan PBV tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Variabel PER memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap return saham.

Diterbitkan
2012-05-15
Cara Mengutip
CUACA, Benny. Analisis Pengaruh Faktor Fundamental Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 462-507, mei 2012. ISSN 2598-9715. Tersedia pada: <https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/25>. Tanggal Akses: 04 juni 2020
Bagian
Articles