Main Article Content

Fathiah Azzahrah
Fery Oktabrian
Mohammad Ezra Prajna
Vanessya Putri Utami

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, tentu turut berdampak pada perubahan yang sangat signifikan dalam berbagai bidang. Teknologi informasi merupakan salah satu hal yang dibutuhkan di dunia bisnis, karena mempengaruhi kinerja perusahaan. Kurangnya pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia bisnis dapat menimbulkan beberapa kendala, seperti kurangnya promosi sehingga produk yang ditawarkan tidak dikenal pelanggan, stok produk yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya, pencatatan transaksi penjualan produk yang masih dilakukan manual pada suatu buku mengakibatkan setiap penjualan belum memiliki data yang valid. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan membantu permasalahan terjadi dengan membangun sistem informasi penjualan online. Pemodelan data dengan menggunakan UML, pengujian aplikasi menggunakan metode black box dan alpha test. Metode perancangan sistem menggunakan model waterfall dengan pendekatan berorientasi objek. Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi penjualan online berbasis web yang dapat dijadikan sebagai media promosi, mempermudah pengolahan data, proses penjualan, pencarian data produk, dan pencatatan laporan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Amstrong, G. & Philip, K., 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Laudon, K., 2015. Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital. Jakarta: Salemba Empat.
Pressman, R., 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.
Priyanto, B. & Setiadi, T., 2019. Pengembangan Sistem Informasi Obat Berdasr ISO Berbasis Web Dengan Merode Object Oriented. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 7(1), pp. 86-95.
Akbar, M.F., Wijoyo, H., Wibowo, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Alfamart Pada Toko Alfamart Cabang Cikokol. Economics, Business and Management Science Journal. 1(1). 29-39.
Wibowo, A., Hermanto D.M.C., Lestari, K., Wijoyo, H. (2021). INCODING: Journal of Informatics and Computer Science Engineering. 1(2). 76-88.
Wibowo, A., Lynawati, L., Widiastuti, R.Y., Jaya, A.R.L. (2021). Efektivitas dan Efisiensi Sistem Informasi Inventory pada CV. Ribut Snack. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi). 4(1). 29-41.
Wijoyo, H. (2021). Increased Ability to Conduct Interviews Through Assignment Methods. International Webinar with special theme of Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. E., ... & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. Academic and Scientific Journals, 6(1), 37-44.
Wijoyo, H., Akbar, M. F., Safii, A. R., Prasada, D., Yusuf, A., Sudarsono, A., & Widiyant, W. (2021). The Effect of Tax Stimulus During the Covid-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers. Available at SSRN 3873695.
Junita, A., & Agilitas, T. (2021). KEPEMIMPINAN AGILE 4.0. Leadership di Era Digital, 37.
Wijoyo, H., Gelgel, I. P., & Arniati, I. A. K. (2022). Factors that Cause the Monastery and Cetiya under the Auspices of the Pekanbaru MBI PC. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 4(1), 162-176.
Siagian, A. O., Prasada, D., Sudarsono, A., & Wijoyo, H. (2021). During the Pandemic Perceived Quality Forms Customer Loyalty via Brand Equity Oppo Smartphone Users.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H. Manajemen Keuangan. Insan Cendekia.