Main Article Content

Fathiah Azzahrah
Fery Oktabrian
Mohammad Ezra Prajna
Vanessya Putri Utami

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, tentu turut berdampak pada perubahan yang sangat signifikan dalam berbagai bidang. Teknologi informasi merupakan salah satu hal yang dibutuhkan di dunia bisnis, karena mempengaruhi kinerja perusahaan. Kurangnya pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia bisnis dapat menimbulkan beberapa kendala, seperti kurangnya promosi sehingga produk yang ditawarkan tidak dikenal pelanggan, stok produk yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya, pencatatan transaksi penjualan produk yang masih dilakukan manual pada suatu buku mengakibatkan setiap penjualan belum memiliki data yang valid. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan membantu permasalahan terjadi dengan membangun sistem informasi penjualan online. Pemodelan data dengan menggunakan UML, pengujian aplikasi menggunakan metode black box dan alpha test. Metode perancangan sistem menggunakan model waterfall dengan pendekatan berorientasi objek. Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi penjualan online berbasis web yang dapat dijadikan sebagai media promosi, mempermudah pengolahan data, proses penjualan, pencarian data produk, dan pencatatan laporan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Amstrong, G. & Philip, K., 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Laudon, K., 2015. Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital. Jakarta: Salemba Empat.
Pressman, R., 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.
Priyanto, B. & Setiadi, T., 2019. Pengembangan Sistem Informasi Obat Berdasr ISO Berbasis Web Dengan Merode Object Oriented. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 7(1), pp. 86-95.