Main Article Content

Nining Apriliyani
Eman Setiawan
Achmad Muchayan

Abstract

Keragaman budaya dan pariwisata di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur juga telah melahirkan keragaman budaya. Keberagaman ini merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang yang memiliki begitu banyak nilai di dalamnya dan menjadikan daya tarik tersendiri yang membedakannya dengan provinsi lain. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui budaya dan pariwisata Nusa Tenggara Timur. Teknik pengambilan data 8 kecamatan yang penulis gunakan adalah observasi dan wawancara dengan beberapa tokoh masyarakat disana. Metode yang digunakan adalah metode agile karena sesuai dengan perkembangan aplikasi berbasis web. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi pengenalan budaya dan pariwisata dapat membantu masyarakat meningkatkan pengetahuan tentang keanekaragaman budaya dan pariwisata di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Secara rinci telah dijelaskan, penelitian ini membahas tentang pengembangan aplikasi pengenalan budaya berbasis web dengan menggunakan metode agile (studi kasus: Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur). Hasil penelitian edukasi pengenalan budaya berbasis web dan peta lokasi wisata.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Analisis, S., Lintas, K., Klemens, J., & Dori, G. (2014). Konflik Budaya Lokal Pada Masyarakat di Pulau Flores. 9, 59–68.
Ekawati, P. L., & Falani, A. Z. (2015). Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android. Jurnal Link, 22(1), 30–36.
Ependi, U. (2012). Pengembangan E-Trace Alumni Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Agile. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(4), 239. Retrieved from http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/1104
Iinformatika, M., & Kisaran, A. R. (2017). PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BUDAYA 34 PROVINSI DI INDONESIA BERBASIS ANDROID Maulana Dwi Sena. 2, 172–176.
Lpkia, S. (n.d.). MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN KEBUDAYAAN DAN.
Mahendra, I., & Yanto, deny tresno eby. (2018). Agile Development Methods Dalam Pengembangan Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web (Studi Kasus : Bank Bri Unit Kolonel Sugiono). Jurnalteknologi Dan Open Source, 1(proses pengajuan kredit pada Bank BRI Unit Kolonel Sugiono masih dilakukan secara manual.), 13, 14, 15.
Pressman, R. S. (n.d.). Software Engineering.
Ramadhan, H. F., Sitorus, S. H., Rahmayuda, S., Rekayasa, J., Komputer, S., & Informasi, J. S. (2019). Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Volume 07 , No . 1 ( 2019 ), Hal 108-119 ISSN 2338-493X GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA DAN WISATA KALIMANTAN BARAT MENGGUNAKAN METDOE Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi. 07(1), 108–119.
Saputra, A. W., & T, R. Y. R. A. S. (2014). Aplikasi Pengenalan Budaya Indonesia Berbasis Multimedia Interaktif.
Zaef, R. M., Herbaviana, N. C., & Chusyairi, A. (2018). Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Android Menggunakan Metode Agile. 8–9.
Wijoyo, H. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2021). TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PENDIDIKAN. Available at SSRN 3937098.
Wijoyo, H. (Ed.). (2021). Strategi pembelajaran. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga paud di riau. JS (Jurnal Sekolah) Universitas Negeri Medan, 4 (3), 205–212.
WIJOYO, H. (2021). EDUPRENEURSHIP DAN MAHASISWA. Edupreneurship, 21.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga paud di riau. JS (Jurnal Sekolah) Universitas Negeri Medan, 4 (3), 205–212.
Wijoyo, H. (2021). Dampak pandemi terhadap kehidupan manusia:(ditinjau dari berbagai aspek). Insan Cendekia Mandiri.
Hadion Wijoyo, S. E., SH, S., MH, M., AK, C., Ferry Kurniawan, M. P., & Kurniawan, F. (2020). Tranformasi Digital dan Gaya Belajar.
Wibowo A, Lynawati L, Widiastuti RY, Jaya ARL. (2021). Efektivitas dan Efisiensi Sistem Informasi Inventory pada CV. Ribut Snack. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) 4 (1), 29-41.
Wibowo A, Sumartono GH, Devano A. (2020). Korelasi Antara Kualitas Sistem Informasi Terhadap Efisiensi Pemanfaatan Sistem Informasi Media Informasi Lowongan Kerja Pada PT. Sentra Karya Sentosa Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) 3 (2), 40-49.
Wibowo A, Widiastuti RY, Suyudi S, Anastasia A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Biaya Sekolah Berbasis Web Pada SMK Santo Petrus Ketapang. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis 12 (2a), 218-229.