Main Article Content

Kelvin Kelvin
Surya Tjahyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran mengenai teknik dasar taekwondo yang dirancang dalam animasi 3 dimensi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dimana terdapat 6 tahap yakni: Concept, Design, Obtaining Content Material, Assembly, Testing dan Distribution. Animasi 3D olahraga taekwondo pada penelitian ini menggunakan tools Autodesk Maya. Hasil video dari penelitian ini diedit dengan bantuan aplikasi Adobe Premiere Pro. Hasil penelitian menunjukkan sebuah video animasi 3D mengenai tutorial gerakan teknik taekwondo yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi para peminat olahraga taekwondo, khususnya yang ingin mendalami gerakan teknik-teknik taekwondo.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Brohi, A., Brohi, A. S., & Bhatti, Z. (2018). Using Animation with Multimedia Learning principles for teaching Namaz. International Journal of Computer Science and Emerging Technologies, 2(1), 7–13.
Choiri, M. M., Basuki, A., Yuwanda Bagus, A., Sukaridhoto, S., & Jannah, M. (2017). Design and development virtual reality athletic - Virtual imagery to train sprinter’s concentration. Proceedings - International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing, IES-KCIC 2017, 2017-Janua, 161–166. https://doi.org/10.1109/KCIC.2017.8228580
Cholik, C. (2017). No Title. 2(6), 21–30.
Dairabi, A. (2020). Perancangan Media Company Profile Di Politeknik Kesehatan Yrsu Dr . Rusdi Medan. 267–279.
Hidayah, A. K., Sarwanto, L., & Handayani, S. (2019). Pembuatan Animasi Pendaftaran Siswa Baru Pada SMAN 5 Kepahiang Berbasis Multimedia Linier. 15(2).
Kosasih, C. (2018). Pembelajaran Seni Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Animasi Digital. Pendidikan Seni, 1(1).
Kurniawan, M. A., & Keolahragaan, S. (2020). Journal of Sport Coaching and Physical Education Implementasi Pembinaan Prestasi Taekwondon Kota Pekalongan Abstrak. 5(1), 96–102.
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121.
Pahlevi, F., & Fachrezzy, F. (2020). Model Latihan Teknik Tendangan Momtong Yeop. 8–15. https://doi.org/10.21009/jpja.v3i01.15569
Putri, R. E., & Iswari, M. (2018). Media Video Tutorial dalam Keterampilan Membuat Boneka dari Kaus Kaki Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 178–185.
Tinjal, T. E., Sangkop, F. I., & Wonggo, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Animasi di SMK Negeri 1 Manado. Engineering Education Journal, 7(3), 25–30.
Waskita, R. A., Fiati, R., & Murti, A. C. (2018). Animasi 3D Teknik-Teknik Pencak Silat Berbasis Android. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(1), 121–128.
Wijoyo, H. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2021). TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PENDIDIKAN. Available at SSRN 3937098.
Wijoyo, H. (Ed.). (2021). Strategi pembelajaran. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga paud di riau. JS (Jurnal Sekolah) Universitas Negeri Medan, 4 (3), 205–212.
WIJOYO, H. (2021). EDUPRENEURSHIP DAN MAHASISWA. Edupreneurship, 21.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga paud di riau. JS (Jurnal Sekolah) Universitas Negeri Medan, 4 (3), 205–212.
Wijoyo, H. (2021). Dampak pandemi terhadap kehidupan manusia:(ditinjau dari berbagai aspek). Insan Cendekia Mandiri.
Hadion Wijoyo, S. E., SH, S., MH, M., AK, C., Ferry Kurniawan, M. P., & Kurniawan, F. (2020). Tranformasi Digital dan Gaya Belajar.
Wibowo A, Lynawati L, Widiastuti RY, Jaya ARL. (2021). Efektivitas dan Efisiensi Sistem Informasi Inventory pada CV. Ribut Snack. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) 4 (1), 29-41.
Wibowo A, Sumartono GH, Devano A. (2020). Korelasi Antara Kualitas Sistem Informasi Terhadap Efisiensi Pemanfaatan Sistem Informasi Media Informasi Lowongan Kerja Pada PT. Sentra Karya Sentosa Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) 3 (2), 40-49.
Wibowo A, Widiastuti RY, Suyudi S, Anastasia A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Biaya Sekolah Berbasis Web Pada SMK Santo Petrus Ketapang. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis 12 (2a), 218-229.