Main Article Content

Johny Budiman
Thalia Nargista Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari Celebrity Attractiveness, Celebrity Expertise, Celebrity Trustworthiness, dan Brand Image terhadap Purchase Intention. Serta untuk mengetahui pengaruh antara Celebrity Endorser Credibility terhadap Purchase Intention melalui Brand Image. Penelitian ini dilakukan pada responden yang berdomisili di kota Batam. Penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada 300 responden yang pernah memiliki niat membeli makanan setelah melihat endorser Tanboy Kun, Ria SW, Nex Carlos, Mgdalenaf, dan Farida Nurhan. Teknik analisis data  menggunakan PLS (Partial Least Squares). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebrity Expertise, Celebrity Trustworthiness, dan Brand Image yang berpengaruh signifikanTerhadap Purchase Intention. Serta terdapat pengaruh signifikan antara Celebrity Endorser Credibility terhadap Purchase Intention melalui Brand Image.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Adnyana, I. M. P., & Respati, N. N. R. (2019). PERAN PREFERENSI MEREK DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA EKUITAS MEREK DENGAN NIAT BELI. E-Jurnal Manajemen Unud, 8. file:///C:/Users/DELL/Downloads/45136-85-94839-3-10-20190701.pdf
Akbar, M. (2019). Matkiding dan Fenomena Food Vlogger Indonesia. Jurnalba.Co. https://jurnaba.co/matkiding-dan-fenomena-food-vlogger-indonesia/
Amitay, Y., Tj, H. W., Saparso, & Wahyoedi, S. (2019). The Impact of Celebgram Endorsement on Purchase Intention: The Mediating Effects of Customer Attitude and Brand Awareness. Advances in Economics, Business and Management Research, 145.
Brian, R. (n.d.). Arti Endorse dalam Pemasaran Online dan Beberapa Kelebihannya. Maxmanroe.Com. Retrieved October 18, 2020, from https://www.maxmanroe.com/arti-endorse.html
Das, G. (2014). Linkages of retailer awareness, retailer association, retailer perceived quality and retailer loyalty with purchase intention: A study of Indian food retail brands. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(3), 284–292. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0969698914000186
Deshbhag, R. R., & Mohan, B. C. (2020). Study on influential role of celebrity credibility on consumer risk perceptions. Journal of Indian Business Research, 12 no.1.
Febriati, I. G. A. U., & Respati, N. N. R. (2020). The Effect of Celebrity Endorser Credibility and Product Quality Mediated by Brand Image on Purchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(3).
Hair, Joe F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a Silver Bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 9(2). https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.2753/MTP1069-6679190202
Hair, Joe F, Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2018). The Results of PLS-SEM Article information. European Business Review, 31(1), 2–24.
Hair, Joseph F., Black, J. W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis Joseph F. Hair Jr. William C. Black Barry J. Babin Rolph E. Anderson Seventh Edition (Pearson Ne). Pearson Education Limited.
Hansudoh, S. A. (2012). PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI PERCEIVED VALUE PADA PRODUK TOP COFFEE DI SURABAYA. Jurnal Ilmah Mahasiswa Manajemen, 1. file:///C:/Users/DELL/Downloads/309-857-1-SM.pdf
Hartati, A. (2019). ENDORSEMENT SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Hayu Olshop Metro) [Institut Agama Islam Negri (IAIN) Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2903/1/SKRIPSI AMBARYATI HARTATI NPM. 1502040005 %28wecompress.com%29 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf
Hasibuan, L. (2020). Daftar 5 Food Vlogger Indonesia Sukses, Paling Populer di RI. Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200810123553-33-178641/daftar-5-food-vlogger-indonesia-sukses-paling-populer-di-ri
Heda, N. S. R. (2017). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAMPO (Studi Kasus Pada Merek Clear) [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/48999/1/NaufalSaveroRakhaHeda_12808144039.pdf
Jayani, D. H. (2020). 10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia
Latan, H., & Ghozali, I. (2012). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Nugraha, R., Kusumawardani, K. A., & Octavianie, V. (2017). The Influence of Celebrity Endorsement in Instagram towards Customer Behavaior and Purchase Intention in Healthy Food Diet Business. Journal of Management Studies, 3.
Putra, I. K. T. D., & Sulistyawati, E. (2015). PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI. E-Jurnal Manajemen Unud, 4. https://media.neliti.com/media/publications/255133-peran-brand-image-dalam-memediasi-pengar-c7a9ad57.pdf
Savitri, N. W. (2017). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN IKLAN MELALUI MEDIA TELEVISI TERHADAP MINAT BELI PADA TOKOPEDIA DI DENPASAR. E-Jurnal Manajemen Unud, 6.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business : a skill-building approach (Seventh ed). https://www.academia.edu/36294585/Research_Methods_For_Business_A_Skill_Building_Approach_7th_edition_pdf
Setiawan, T. S., Pratama, A. M., Ihsanuddin, & Prabowo, D. (2020). Selebgram Menguak Layar Bisnis Selebgram. Vik.Kompas.Com. https://vik.kompas.com/selebgram/
Utami, N. T. P., & Seminari, N. K. (2018). PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE OPPO. E-Jurnal Manajemen Unud, 7.
Wang, S. W., Kao, G. H.-Y., & Ngamsiriudom, W. (2016). Consumers’ attitude of endorser credibility, brand and intention with respect to celebrity endorsement of the airline sector. Journal of Air Transport Management.
Wongweeranonchai, P., & McClelland, R. J. (2016). The Influence of Perceived Celebrity Endorser Credibility in Advertising on Purchase Intention of Thai Consumers. LJMU Research Online.
Yasyi, D. N. (2020). Tahun 2020, Sektor Ekonomi Kreatif Akan Sumbang Rp1.100 Triliun ke PDB Indonesia. Goodnewsfromindonesia.Id. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/08/31/tahun-2020-sektor-ekonomi-kreatif-akan-sumbang-rp1-100-triliun-ke-pdb-indonesia.
Wijoyo, H. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2021). TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PENDIDIKAN. Available at SSRN 3937098.
Wijoyo, H. (Ed.). (2021). Strategi pembelajaran. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga paud di riau. JS (Jurnal Sekolah) Universitas Negeri Medan, 4 (3), 205–212.
WIJOYO, H. (2021). EDUPRENEURSHIP DAN MAHASISWA. Edupreneurship, 21.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga paud di riau. JS (Jurnal Sekolah) Universitas Negeri Medan, 4 (3), 205–212.
Wijoyo, H. (2021). Dampak pandemi terhadap kehidupan manusia:(ditinjau dari berbagai aspek). Insan Cendekia Mandiri.
Hadion Wijoyo, S. E., SH, S., MH, M., AK, C., Ferry Kurniawan, M. P., & Kurniawan, F. (2020). Tranformasi Digital dan Gaya Belajar.
Wibowo A, Lynawati L, Widiastuti RY, Jaya ARL. (2021). Efektivitas dan Efisiensi Sistem Informasi Inventory pada CV. Ribut Snack. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) 4 (1), 29-41.
Wibowo A, Sumartono GH, Devano A. (2020). Korelasi Antara Kualitas Sistem Informasi Terhadap Efisiensi Pemanfaatan Sistem Informasi Media Informasi Lowongan Kerja Pada PT. Sentra Karya Sentosa Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) 3 (2), 40-49.
Wibowo A, Widiastuti RY, Suyudi S, Anastasia A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Biaya Sekolah Berbasis Web Pada SMK Santo Petrus Ketapang. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis 12 (2a), 218-229.