Main Article Content

Anna Dina Kalifia

Abstract

Pembagian harta waris menjadi sebuah masalah yang cukup pelik dalam kehidupan bermasyarakat. Masyarakat acapkali tidak paham penerima waris serta bagian yang diterima, hal ini dikarenakan tercampurnya antara kebudayaan dan aturan Agama. Penelitian ini bertujuan membantu masyarakat yang beragama Islam untuk dapat menentukan ahli waris dan hak yang diperoleh. Proses penalaran yang dilakukan menggunakan metode Forward Chaining dengan menggunakan kaidah produksi (IF-Then) serta operator (And-Or). Hasil dari penelitian ini diharapkan sebuah sistem yang dapat membantu mendukung pengambilan keputusan untuk pembagian harta waris sesuai dengan aturan yang ada dalam Kompulasi Hukum Islam. Pengujian dari sistem ini melakukan perbandingan akurasi antara keputusan hakim dan hasil yang diperoleh oleh sistem. Hasil dari penelitian yang didapat adalah akurasinya berupa kecocokan pada sistem terhadap keputusan hakim adalah 99.59%. Proses pengujian sistem yang dibangun menggunakan data perkara pembagian harta waris pada pengadilan agama.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
At Tirmidzi (Hazairin, 1964: 57).
Qs. An-Nissa ayat 176, 11 dan 12.
Daihani, D. 2001. (Komputerisasi Pengambilan Keputusan.) Bogor: Ghalia Indonesia.
Eniyati.S. 2011. “Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting)”
Efraim Turban, dkk, 2005. Decision Support System and Intelligent System. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Kusumadewi. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wijoyo, H. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2021). TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PENDIDIKAN. Available at SSRN 3937098.
Wijoyo, H. (Ed.). (2021). Strategi pembelajaran. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga paud di riau. JS (Jurnal Sekolah) Universitas Negeri Medan, 4 (3), 205–212.
WIJOYO, H. (2021). EDUPRENEURSHIP DAN MAHASISWA. Edupreneurship, 21.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga paud di riau. JS (Jurnal Sekolah) Universitas Negeri Medan, 4 (3), 205–212.
Wijoyo, H. (2021). Dampak pandemi terhadap kehidupan manusia:(ditinjau dari berbagai aspek). Insan Cendekia Mandiri.
Hadion Wijoyo, S. E., SH, S., MH, M., AK, C., Ferry Kurniawan, M. P., & Kurniawan, F. (2020). Tranformasi Digital dan Gaya Belajar.
Wibowo A, Lynawati L, Widiastuti RY, Jaya ARL. (2021). Efektivitas dan Efisiensi Sistem Informasi Inventory pada CV. Ribut Snack. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) 4 (1), 29-41.
Wibowo A, Sumartono GH, Devano A. (2020). Korelasi Antara Kualitas Sistem Informasi Terhadap Efisiensi Pemanfaatan Sistem Informasi Media Informasi Lowongan Kerja Pada PT. Sentra Karya Sentosa Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) 3 (2), 40-49.
Wibowo A, Widiastuti RY, Suyudi S, Anastasia A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Biaya Sekolah Berbasis Web Pada SMK Santo Petrus Ketapang. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis 12 (2a), 218-229.