Main Article Content

Justin Lim
Mangapul Siahaan

Abstract

Video Dokumenter adalah video yang mendokumentasikan realitas sekaligus memberikan informasi pendidikan dan faktual. Membuat video dokumenter membutuhkan koleksi materi yang luas dan pemahaman yang jelas tentang topik yang akan dieksplorasi. Di Batam, masih belum ada video yang membahas tentang lokasi jogging di Kota Batam. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis menemukan tujuan dan topik pembahasan yang bermanfaat untuk membuat video dokumenter tentang lokasi jogging di Batam dengan menggunakan metode penelitian R&D dan dikembangkan dengan metode MDLC. MDLC dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu: konsep, desain, pengumpulan material, pembuatan, eksperimen dan distribusi. Pembuatan video dokumenter akan menggunakan software Adobe Premiere Pro 2020, Adobe Audition 2020 dan di akhiri dengan pengunaan Adobe After Effect 2020. Di mana pembuatan video bertujuan untuk memperkenalkan lokasi joging di Batam.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Cahyawulan, W. (2019). Pengembangan Video Dokumenter Mengenai Role Model Yang Memiliki Employability Skills Untuk Peserta Didik Kelas XII Ips SMA Negeri 14 Jakarta. 8(1), 65–77.
Efendi, A., Sumarni, S., & Efendi, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah mekanika tanah. 1–12.
Hardianti, & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Pengunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. 1, 123–130.
Putu, I. G., Adi, N., & Pranata, I. K. Y. (2020). Efektifitas Pelatihan Jogging Sprint Combination Terhadap Tingkat Kadar Lemak Siswa. 1–6.
Questibrilia, B. (2020). Perkembangan Teknologi Dengan Bermacam Dampak Positif Maupun Negatif. Retrieved from https://www.jojonomic.com/blog/perkembangan-teknologi/
Sutrisman, A., Widodo, S., Amin, M. M., & Cofriyati, E. (2019). Rancang Bangun Video Profil Sebagai Sarana Informasi dan Promosi pada Program Studi Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang. 11–20.
Temali. (2020). Manfaat Jogging bagi Kesehatan Mental. Retrieved from https://kumparan.com/temali/manfaat-jogging-bagi-kesehatan-mental-1stspGZDQGm/full
Wibowo, T., Jack, T., & Ding, T. (2021). Perancangan dan Pengembangan Video Dokumenter Almanac Chinese Dengan Menggunakan Motion Graphic Keyword : 1(1), 767–775.
Wibowo, Y. A. T. (2018). Hubungan Antara Rutinitas Jogging dengan Tingkat Kebugaran Aerobik Remaja Usia 17-25 Tahun. 12.