Main Article Content

Syaeful Anas Aklani
Derwin Galen

Abstract

Salah satu fungsi terpenting mata adalah kemampuan untuk membedakan warna. Namun, tidak semua manusia dilahirkan dengan kemampuan membedakan warna yang sama. Gangguan dalam kemampuan membedakan warna ini disebut buta warna. Buta warna adalah kelainan yang dapat terjadi di mata yang membuat penderita kurang mampu membedakan warna yang dapat dibedakan oleh orang lain yang memiliki mata yang normal. Kemampuan untuk membedakan warna merupakan sebuah aspek yang dipakai setiap hari baik dalam pekerjaan atau pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah solusi agar masyarakat dapat memeriksa apakah dirinya menderita buta warna atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk membantu masyarakat sejak usia dini dapat secara cepat dan akurat memeriksa apakah dirinya menderita buta warna secara spesifik dimanapun dan kapanpun dengan memakai aplikasi mobile. Pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Kotlin dan XML serta metode Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi mobile tes buta warna menggunakan metode Ishihara.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Salah satu fungsi terpenting mata adalah kemampuan untuk membedakan warna. Namun, tidak semua manusia dilahirkan dengan kemampuan membedakan warna yang sama. Gangguan dalam kemampuan membedakan warna ini disebut buta warna. Buta warna adalah kelainan yang dapat terjadi di mata yang membuat penderita kurang mampu membedakan warna yang dapat dibedakan oleh orang lain yang memiliki mata yang normal. Kemampuan untuk membedakan warna merupakan sebuah aspek yang dipakai setiap hari baik dalam pekerjaan atau pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah solusi agar masyarakat dapat memeriksa apakah dirinya menderita buta warna atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk membantu masyarakat sejak usia dini dapat secara cepat dan akurat memeriksa apakah dirinya menderita buta warna secara spesifik dimanapun dan kapanpun dengan memakai aplikasi mobile. Pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Kotlin dan XML serta metode Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi mobile tes buta warna menggunakan metode Ishihara.