Main Article Content

Valian Yoga Pudya Ardhana
Nurani Andaria
Esther Sanda Manapa
Yulita Sirinti Pongtambing
Eliyah A Sampetoding

Abstract

Perkembangan di bidang teknologi informasi, khususnya tentang pendataan penduduk, telah membawa kemudahan yang menjanjikan sebuah efisiensi kerja. Di kantor desa Bantik dalam pendataan penduduk masih menggunakan cara yang manual. Dimana hanya sebagian besar yang menggunakan aplikasi komputer, sehingga diperlukan aplikasi pendataan penduduk untuk memonitor pertumbuhan penduduk. Dalam proses pendataan penduduk juga belum maksimal, karena masyarakat hanya tahu para petugas kantor desa sudah datang meminta Kartu Keluarga (KK) di setiap rumah-rumah dan masyarakat tudak tahu kalau ada seringkali terjadi kesalahan dalam menyalin data penduduk di komputer. Untuk itu dalam penelitian ini, penulis merancang suatu sistem yang dapat membantu proses pendataan penduduk di desa Bantik dan jika ada terjadi kesalahan dalam menyalin data, maka bisa diperbaiki. Selain itu sistem ini juga diharapkan dapat mempermudah staf dalam pendataan penduduk. Hadirnya aplikasi pendataan penduduk yang berbasis visual basic Net akan mempermudah kerja petugas di Desa Bantik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Asmara, J. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala). Jukanti, 1-7.
Balango, I., Sampetoding, E. A., Sagala, T. W., Potoboda, R., & Pongtambing, Y. S. (2021). Website-Based Library Application Design at SMA Negeri 1 Rainis, Talaud Islands Regency. GATOTKACA Journal (Teknik Sipil, Informatika, Mesin dan Arsitektur), 129-134.
Indrayani, H. (2012). Penerapan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Perusahaan. Jurnal El-Riyasah, 48-56.
Lestari, M. A., Tabrani, M., & Ayumida, S. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Data Administrasi Kependudukan Pada Kantor Desa Pucung Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 14-21.
Purwanto, E. A., & Sulistyasturi, D. R. (2017). Metode penelitian kuantitatif. Manado: Penerbit Gava Media.
Uada, D., Sampetoding, E. A., Taluay, H. R., Natalin, M., & Manapa, E. S. (2021). Prototype of Population Census Data Processing Information System at Beo Village Office, Talaud Archipelago Regency Based on Website. GATOTKACA Journal (Teknik Sipil, Informatika, Mesin dan Arsitektur), 90-96.