Main Article Content

Shilma Indriyani
Erwin Permana Permana

Abstract

Pemanfaatan media sosial sangat massif seiring dengan perkembangan teknologi digital. Penggunaan medsos terus mengalami perkembangan bukan hanya sebatas sarana untuk menjalin komunikasi dan persahabatan di dunia maya. Namun juga digunakan untuk keperluan bisnis baik oleh perusahaan besar maupun kecil. Penelitian tentang penggunaan media digital diperusahaan sudah cukup banyak dilakukan, namuan penelitian yang secara spesifik meneliti penggunaan media sosial dengan fokus UKM belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media sosial dalam pengembangan pemasaran dan strategi promosi pada usaha kecil menengah di kota Pangkalpinang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui pengamatan di berbagai platform media sosial dan juga penulusuran terhadap berbagai sumber resmi yang dapat dipercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku UKM di Kota Pangkalpinang mampu bertahan terutama pada masa pandemic dengan menggunakan media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Sumartono Sumartono, Ari Suhartanto (Tahun 2019), Tindak Penipuan Bisnis Online dalam Kajian Perspektif Hukum Pidana dan Sosiologi Pada Masyarakat Sosial Media. No. 1/Vol. 1: Eduscotech 1.1
BPKA DIY (Tahun 2014), Pengertian E-Commerce, Manfaat Serta Keuntungan E-Commerce. Diakses pada 28 Januari 2016, dari http://bpka.jogjaprov.go.id/images/data/e-commerce.pdf
Andrew (Tahun 2022), Pengertian Revolusi Industri 4.0: Jenis, Dampak dan Contoh Penerapannya. Dari https://www.gramedia.com/best-/revolusi-industri-4-0/
Ermya Ervianah (Tahun 2021), Strategi Marketing Melalui Media Sosial Instagram. Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945
Narbuko, Cholid & Achmadi, Abu. (Tahun 2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gamal Thabroni (Tahun 2021), Metode Penelitian Deskriptif: Pengertian, Langkah & Macam. Dari https://serupa.id/metode-penelitian-deskriptif/
Liberty Jemadu, Dicky Prastya (Tahun 2022), Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022. Dari https://bit.ly/3JHem2Q
Kotler, P. And Keller, K. L. (Tahun 2016), Marketing Management. 15th Edn. Pearson Education.
Dewi Untari, Dewi Endah Fajariana (Tahun 2018), Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram. No. 1/Vol. 2: widya Cipta