Main Article Content

Muhammad Farid
Muhammad Fajar Pangestu
Erwin Permana

Abstract

Analisis terhadap pemanfaatan media digital dalam ranah bisnis sudah sangat banyak dilakukan. Namun masih sedikit kajian yang menganalisis media digital dengan platform yang spesifik seperti Instagram dalam ranah bisnis. Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan diantara Café. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh secara langsung dari internal perusahaan dan indept interview dengan pemilik usaha. Selain itu juga didukung dengan melakukan penelusuran diberbagai platform media sosial terkait marketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan pada akun Instagram @diantara.cafe yaitu berupa ads Instagram, diskon atau potongan harga, mengunggah ulang testimoni pelanggan atau konsumen pada instastory, kumpulan foto pada feeds instagram, mencantumkan nomor telepon, alamat email, petunjuk arah dan alamat website pada profil instagram dan juga adanya sesi yang memperlihatkan produk-produk baru. Pesan dan informasi yang disampaikan pada akun Instagram @diantara.cafe kepada konsumennya mengandung unsur informasional dan emosional. Informasional karena dalam postingan terdapat nama brand dan juga harga dari produk yang sedang di promosikan. Emosional karena disetiap unggahan berisikan kalimat-kalimat positif. Tujuan dilakukannya promosi pada akun @diantara.cafe adalah untuk memperkenalkan Diantara Cafe kepada lebih banyak orang atau pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Alif, M. I., Hardian, A., Kurniawan, F., Triartanto, A. Y., & Suriyanto, A. D. (2018). Literasi Media Dalam Menanggulangi Berita Hoax (Studi Pada Pelajar SMKN 4 Bekasi dan Mahasiswa AKOM BSI, Jakarta). Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 416–423. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4052/2515
Armayani, R. R., Chintiya Tambunan, L., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2017). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Analisis Peran Media SosialInstagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online, 5(3), 8920–8928.
Diem, D. A., & Yulianti, W. (2019). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan ( Studi Kasus pada Akun Instagram @ Kaosdisablon di CV . Purwa Satya ) komunikasi pemasaran juga berkontribusi dalam ekuitas merek dengan menanamkan merek di dalam ingat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 6–12.
Effendy. (1986). Universitas Pasundan. Kebudayaan, 022, 1–47.
Herawati, H., & Muslikah, M. (2020). Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat. Kinerja, 2(01), 17–35. https://doi.org/10.34005/kinerja.v2i02.794
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Pemula, P. D. (2017). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 110265, 110493.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950
Romney & Steinbart. (2018). Bab Ii Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–24.
Salafudin, M. (2019). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai sarana promosi pada taman baca widya pustaka kabupaten pemalang. Kompasiana.Com. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/50376/1/SP19060.pdf
Tjiptono. (2017). Pengaruh Promosi Dan Pengetahuan Konsumen. Water Science and Technology, 53(January), 304–313. https://link.springer.com/content/pdf/10.1007/s00506-018-0517-1.pdf%0Ahttps://sundoc.bibliothek.uni-halle.de/habil-online/05/08H116/t4.pdf
Universitas, F. E., Palembang, P., Universitas, F. E., Palembang, P., Penelitian, T., Elektronik, M., Palembang, F., Pengumpulan, T., Elektronik, M., Palembang, F., Promosi, S., Meningkatkan, D., & Penjualan, V. (n.d.). (2019). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Maliah, Asmawati). 142–153.
Akbar, M.F., Wijoyo, H., Wibowo, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Alfamart Pada Toko Alfamart Cabang Cikokol. Economics, Business and Management Science Journal. 1(1). 29-39.
Wibowo, A., Hermanto D.M.C., Lestari, K., Wijoyo, H. (2021). INCODING: Journal of Informatics and Computer Science Engineering. 1(2). 76-88.
Wibowo, A., Lynawati, L., Widiastuti, R.Y., Jaya, A.R.L. (2021). Efektivitas dan Efisiensi Sistem Informasi Inventory pada CV. Ribut Snack. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi). 4(1). 29-41.
Wijoyo, H. (2021). Increased Ability to Conduct Interviews Through Assignment Methods. International Webinar with special theme of Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. E., ... & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. Academic and Scientific Journals, 6(1), 37-44.
Wijoyo, H., Akbar, M. F., Safii, A. R., Prasada, D., Yusuf, A., Sudarsono, A., & Widiyant, W. (2021). The Effect of Tax Stimulus During the Covid-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers. Available at SSRN 3873695.
Junita, A., & Agilitas, T. (2021). KEPEMIMPINAN AGILE 4.0. Leadership di Era Digital, 37.
Wijoyo, H., Gelgel, I. P., & Arniati, I. A. K. (2022). Factors that Cause the Monastery and Cetiya under the Auspices of the Pekanbaru MBI PC. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 4(1), 162-176.
Siagian, A. O., Prasada, D., Sudarsono, A., & Wijoyo, H. (2021). During the Pandemic Perceived Quality Forms Customer Loyalty via Brand Equity Oppo Smartphone Users.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H. Manajemen Keuangan. Insan Cendekia.