Main Article Content

Aswin Alif Murtado Ain
Eman Setiawan
Achmad Muchayan

Abstract

Undang-undang resmi Nomor 39 Tahun 2006 mencirikan monitoring sebagai suatu gerakan untuk dengan sungguh-sungguh memperhatikan suatu keadaan atau kondisi, termasuk perilaku atau data yang diperoleh dari akibat-akibat persepsi tersebut yang dapat digunakan sebagai alasan untuk menetapkan pilihan pada kegiatan-kegiatan mendasar berikut (Julianti et al., 2017). Organisasi PT. PAL adalah organisasi pemerintah yang diklaim negara yang bergerak di bidang pembuatan kapal, baik kapal bisnis maupun kapal perang yang pada saat ini digunakan oleh TNI-AL dalam tugas mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan harus secara konsisten menyaring pelaksanaan atau pelaksanaan pengaturan pengeluaran secara usaha. Saat ini PT. PAL melaksanakan kerangka RAB dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan RAB secara fisik, sehingga terkadang Kepala PT. PAL tidak bisa mendapatkan data RAB dan eksekusinya dengan cepat, tepat dan terus menerus. Karena tidak ada pengecekan di RAB, dan terkadang tidak ada data pasti terkait dengan pelaksanaan di lapangan atau tidak. Maka dibuatlah kerangka pengamatan terhadap pelaksanaan RAB online tersebut dengan tujuan agar pemerintah dapat secara langsung menyaring RAB APBN yang ada di lapangan secara cepat, tepat dan tepat. Terlebih lagi efek samping dari kerangka eksekusi RAB online ini dapat bekerja dengan cara yang paling umum untuk memeriksa dan mengungkapkan konsekuensi dari pelaksanaan APBN secara lugas, cepat dan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
I.Z. F. Badoh, Korupsi pemilu di Indonesia, Cetakan pertama. Jakarta: Indonesia Corruption Watch, 2010.
Basri, A. C., Mursalim, M., & Ahmad, H. (2020). Penerapan Elektronik Monitoring Pelaksanaan Anggaran (E-Mpa) Dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pelaporan Keuangan Pada Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan. Bongaya Journal for Research in Accounting, Vol 3 No 1.
Fauzan, M. R., Budiman, E., & Setiyadi, H. J. (2018). Monitoring Rencana Kerja Anggaran dan Serapan Penggunaan Dana InstitusiFakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Vol. 3, No. 2.
Kaswidjanti, W., Ismayasari, I., & Kodong, F. R. (2013). Aplikasi Webmonitoringrealisasi Anggaran Biayaoperasional Pada Pt. Pertamina Ep Region Jawa. Seminar Nasional Informatika 2013(semnasIF 2013), 1-6.
AP Paputungan, Y. R. (2017). Sistem Monitoring Dan Evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika.
Nugroho, A., & Septafianti, N. (2016). Aplikasi Monitoring Pengadaan Barang / Jasa Pada Direktorat Penilaian Keamanan Pangan Badan POM RI. Jurnal Format, Volume 6 nomor 2.
Rahma, S. (2021). Aplikasi Pengajuan Perbaikan Sekolah Di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Berbasis Web.
Rahmatulloh, A. (2018). Sistem Informasi Manajemen Anggaran (Simangga) Perguruan Tinggi Berbasis Web (Studi Kasus: Universitas Siliwangi). JEPIN.