Strategi CSR Mcdonald's Di Indonesia Dalam Memenuhi Konsep Triple Bottom Line
Main Article Content
Abstract
Inisiatif tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility telah semakin banyak dipahami perusahaan dalam mengarahkan strateginya melalui pertimbangan agar bisa sejalan dengan bisnis berkelanjutan. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu program yang sangat penting bagi restoran cepat saji yang dimana di pandang sebagai Tanggung Jawab Sosial terhadap pemangku kepentingan dan lingkungan bagi segala aspek operasional perusahaan. McDonald's merupakan restoran cepat saji terbesar di dunia yang diawali pada tahun 1955 di California, Amerika Serikat. McDonald's hingga saat ini telah memiliki ribuan restoran yang tersebar di lebih dari 100 negara, salah satunya Indonesia. McDonald’s mempunyai program CSR yang dapat dilihat dari tiga konsep dasar yaitu Triple Bottom Line sebagai pengukuran kinerja dengan memperhatikan ukuran kinerja ekonomis berupa perolehan Profit, pengukuran kepedulian sosial menyangkut People dan pelestarian lingkungan dalam hal ini Planet. Dalam mensukseskan penatalaksanaan bisnis perusahaan ketiga konsep ini dapat mengimplikasikan bahwa perusahaan harus lebih mengutamakan kepentingan semua pihak yang terlibat dan terkena dampak dari kegiatan yang di lakukan perusahaan.
Downloads
Article Details
Dewi, Sukmawati Safitri. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility.
Dunning, John H. & Lundan, Sarianna M. (2008). Multinational Enterprises and the Global Economy Elkington
John. (1998). Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line 21st Century Business.
Fauzi, Akhmad. (2014). The Measurement of Sustainable Development in Indonesia.
Fitria, Kiki. (2018). Globalisasi Budaya, Amerikanisasi di Indonesia. Kompasiana.
Jatmiko, Bambang Priyo. 2018. McDonald’s Indonesia targetkan 15 Restoran Baru Berdiri Tiap Tahun. Kompas.
Kartikasari, Novia Dessy., Hidayat, Kadarisman & Yulianto, Edy. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan Multinasional (Survei Pada Konsumen Unilever Indonesia Tbk.).
Mapisangka, Andi. (2009). Implementasi CSR terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat.
Nuryana, Mu’man. (2005). Corporate Social respon-sibility dan Kontribusi bagi Pembangunan Berkelanjutan, makalah yang disampaikan pada Diklat Pekerjaan Sosial Industri, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Bandung, Lembang 5 Desember.
Putra, Irfan Kharisma & Abdillah, Yusri. (2014). Implementasi Corporate Social Responsibility dan Dampaknya Terhadap Keberlangsungan Bisnis Perusahaan Multinasional. (Studi Pada PT. Newton Nusa Tenggara.).
Rahman, Reza. (2009). Corporate Social Responsibility: Antara Teori dan Kenyataan. Media Pressindo.
Rajagukguk, Erman. (2008). Konsep dan Perkembangan Pemikiran Tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.
Rambisa, Lita Sitha & Salain, Ni Made Suksma Prijandhini Devi. (2013). Kedudukan dan Tanggung Jawab Perusahaan Multinasional (MNC) Dalam Hukum Internasional.
S., Meilany Budiarti & Raharjo, Santoso Tri. (2014). Corporate Social Responsibility (CSR) dari Sudut Pandang Perusahaan.
Sagitaningrum, Deasy & Frisko, Dianne. (2015). Corporate Social Responsibility: Keterkaitan Letak Geografis Terhadap Desain Program dan Pelaporan Perusahaan.
Shen, Jie. & Edwards, Vincent. (2006). International Human Resource Management in Chinese Multinationals.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Tong, Canon & Wong, Anthony. (2014). British Journal od Economics,
Management & Trade: The Influences of Corporate Social Responsibility to Customer Repurchases Intentions, Customer Word-of-Moutch Intentions and Customer Perceived Food Quality of Fast-Food Restaurants in Hong Kong and the Mediating Effects of Corporate Reputation. Undang-Undang Modal Asing. (UU No. 1 Tahun 1967). Undang-Undang Penanaman Modal Asing (UU PMA) No 1/1967.
Widjaja, Gunawan & Pratama, Yeremia Ardi. (2008). Risiko Hukum & Bisnis Perusahaan Tanpa CSR. Jakarta: Forum Sahabat.
Akbar, M.F., Wijoyo, H., Wibowo, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Alfamart Pada Toko Alfamart Cabang Cikokol. Economics, Business and Management Science Journal. 1(1). 29-39.
Wibowo, A., Hermanto D.M.C., Lestari, K., Wijoyo, H. (2021). INCODING: Journal of Informatics and Computer Science Engineering. 1(2). 76-88.
Wibowo, A., Lynawati, L., Widiastuti, R.Y., Jaya, A.R.L. (2021). Efektivitas dan Efisiensi Sistem Informasi Inventory pada CV. Ribut Snack. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi). 4(1). 29-41.
Wijoyo, H. (2021). Increased Ability to Conduct Interviews Through Assignment Methods. International Webinar with special theme of Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. E., ... & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. Academic and Scientific Journals, 6(1), 37-44.
Wijoyo, H., Akbar, M. F., Safii, A. R., Prasada, D., Yusuf, A., Sudarsono, A., & Widiyant, W. (2021). The Effect of Tax Stimulus During the Covid-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers. Available at SSRN 3873695.
Junita, A., & Agilitas, T. (2021). KEPEMIMPINAN AGILE 4.0. Leadership di Era Digital, 37.
Wijoyo, H., Gelgel, I. P., & Arniati, I. A. K. (2022). Factors that Cause the Monastery and Cetiya under the Auspices of the Pekanbaru MBI PC. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 4(1), 162-176.
Siagian, A. O., Prasada, D., Sudarsono, A., & Wijoyo, H. (2021). During the Pandemic Perceived Quality Forms Customer Loyalty via Brand Equity Oppo Smartphone Users.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H. Manajemen Keuangan. Insan Cendekia.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.