Main Article Content

Shandy Puspita
Andres Dharma Nurhalim

Abstract

Judul penelitian ini adalah Strategi Meningkatkan Loyalitas Pangan Konsumen di Kota Tangerang Benteng (Studi Kasus Pada Industri Makanan Khas Tangerang Benteng). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi dalam meningkatkan loyalitas bisnis dan konsumen terhadap produk yang dijual. Strategi untuk meningkatkan loyalitas bisnis dan konsumen dapat dilakukan dengan analisis SWOT. Tempat penelitian ini adalah toko “aan meetshop” yang menjual makanan khas cina Benteng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah orang-orang yang dianggap mengetahui secara pasti tentang makanan khas cina Benteng. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada usaha makanan khas cina Benteng. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor internal yang menjadi kekuatan strategi pemasaran adalah kualitas makanan yang baik dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat dan wisatawan, pelayanan yang ramah dan tanggap terhadap kebutuhan konsumen, serta serta kemajuan teknologi yang memudahkan promosi bisnis. Faktor internal yang menjadi kelemahan sering kekurangan stok, ada beberapa produk yang tidak memenuhi standar kemasan, umur simpan produk pendek, pegawai tidak menggunakan seragam. Faktor eksternal yang menjadi peluang adalah ekonomi masyarakat yang cukup tinggi, bahan baku yang melimpah sedangkan faktor eksternal yang menjadi ancaman adalah banyaknya pesaing, perekonomian yang tidak stabil, harga kebutuhan pokok yang meningkat. Berdasarkan hasil analisis SWOT faktor internal dan eksternal, strategi yang digunakan adalah meningkatkan kualitas produk dengan memperbaiki tampilan kemasan dan kualitas isi serta kualitas pelayanan dengan memberikan seragam kepada karyawan dan memberikan standar pelayanan kepada konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Fandy Tjiptono (2005). Pemasaran Jasa, Edisi pertama, Yogyakarta; Penerbit :: Bayumedia Publishing.
Foster et.al. (2008). Employee Loyalty: An Exploration of Staff Commitment LevelsTowards Retailing, The Retailer and The Store
Gunawan, Linda, Kempa & sesily (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Di Toko Bintang Terang, Agora Vol 4 No 1 p.424-434
Irawan, Deny, Japarianto & Edwin (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.1 No2 p.1-8
Kamaruddin (2017). Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Gas Elpiji Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Laa Maiysir Vol. 4 No 1 p. 81- 96
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium, Jakarta: Erlangga.
Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penlitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurullaili dan wijayanto, 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware (Studi Pada Konsumen Tupperware Di Universitas Diponegoro) Jurnal Administrasi Bisnis Vol 2, No 1 p.89-92
Porter, M.E. 1985. Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance: with a new introduction. The Free Press. New York, USA
Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Susilawati &Hakkul (2017) Analisis Strategi Pemasaran Makanan Tradisional (Studi Kasus Industri Rengginang Di Kecamatan Sakra Pusat) jurnal JPEK Vol. 1 No. 1 p 19-37
Yulia, rahmi, 2013. Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Sepeda Motor Matik Berupa Segmentasi, Targeting, Dan Positioning Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Semarang. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang Vol 5 No 2 p.79-92
Vanessa Gaffar. 2007. Manajemen Bisnis. Bandung: Alfabeta
Widyaratna D, Candara (2001). Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Tingkat Penjualan di Warung Bu Kris (Studi Kasus Pada Ayam Penyet Sebagai Menu Unggulan Warung Bu Kris). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 3, No 2, p.85-95
Zhaohua Denga, Yaobin Lu, Kwok Kee Wei, Jinlong Zhang. 2010. Understanding customer satisfaction and loyalty: An empirical study of mobile instant messages in China. International Journal of Information Management, Vol 30, pp.289-300.
Setyawati, E., Wibowo, A., & Riyana, E. W. (2019). Waste Management Information System based on Android. Media Aplikom, 11(2), 96-104.
Wibowo, A., Nugroho, A., Marbun, P., & Fransi, D. C. (2018). Information system planning strategy on higher education institution based computer: a case study of a STIKOM yos sudarso purwokerto Indonesia. International Journal of Engineering & Technology, 7(4), 2835-2844.
Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.
Widiyanti, W., & Wibowo, A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan Barang pada Toko Dua Putri Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(1), 116-132.
Wijoyo, H. (2021). Increased Ability to Conduct Interviews Through Assignment Methods. International Webinar with special theme of Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. E., ... & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. Academic and Scientific Journals, 6(1), 37-44.
Wijoyo, H., Akbar, M. F., Safii, A. R., Prasada, D., Yusuf, A., Sudarsono, A., & Widiyant, W. (2021). The Effect of Tax Stimulus During the Covid-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers. Available at SSRN 3873695.
Junita, A., & Agilitas, T. (2021). KEPEMIMPINAN AGILE 4.0. Leadership di Era Digital, 37.
Wijoyo, H., Gelgel, I. P., & Arniati, I. A. K. (2022). Factors that Cause the Monastery and Cetiya under the Auspices of the Pekanbaru MBI PC. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 4(1), 162-176.
Siagian, A. O., Prasada, D., Sudarsono, A., & Wijoyo, H. (2021). During the Pandemic Perceived Quality Forms Customer Loyalty via Brand Equity Oppo Smartphone Users.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H. Manajemen Keuangan. Insan Cendekia.