Strategi Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Coffee Shop
Main Article Content
Abstract
Media sosial menjadi media yang paling populer untuk memasarkan berbagai produk menggantikan media cetak. Media sosial bukan saja digunakan untuk memasarkan produk yang siap kirim namun juga untuk memasarkan produk dalam rangka memanggil konsumen berkumpul, salah satunya adalah di coffee shop. Penelitian tentang pemanfaatan media digital sudah banyak dilakukan namun masih sedikit yang meniliti tentang pemanfaatan medsos sebagai media promosi coffee shop. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi penggunaan media sosial sebagai media promosi coffee shop, Diantara Cafe. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari indepth interview dan internal perusahaan. Selian itu dilakukan upaya penelusuran diberbagai situs resmi populer untuk mendukung dengan data-data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dengan menggunakan media sosial untuk bisnis coffee shop cukup efektif, sehingga dapat meningkatkan pengenalan produk dan penjualan produk pada bisnis Diantara Cafe. Strategi penggunaan media sosial yang digunakan Diantara Café ternyata dapat meningkatkan brand awareness produk yang mereka jual. Media sosial yang digunakan antara lain Instagram, Tiktok dan Whatsapp.
Downloads
Article Details
Haikal Muhammad Hikam & Bayu Ilham Pradana, S. M. (2018). Implementasi Strategi Inovasi Amstirdam Coffee Shop Untuk Menghadapi Persaingan.
Fauzi, V. P. (2016). Pemanfaatan Instagram Sebagai Social Media Marketing Er-Corner Boutique Dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru.
Kristiyani, C. D. (2O21). Studi Fenomenologi Pada Gaya Hidup Baru Anak Muda Sebagai Pengunjung Coffee Shop Di Kota Salatiga.
Lydia Fransisca (2021). Ekonomi Kreatif dan Kontribusinya Terhadap Perekonomian Indonesia https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/10/14/ekonomi-kreatif-dan-kontribusinya-terhadap-perekonomian-indonesia (Diakses 3 April 2022, 21.00 WIB)
Hestanto. Brand Awareness (Kesadaran Merek) https://www.hestanto.web.id/brand-awareness-kesadaran-merek/ (Diakses : 4 April 2022, 13.15 WIB)
Ekarina (2020). Tren Bisnis Kedai Kopi 2021: Harga Makin Terjangkau, Kualitas Bersaing
https://katadata.co.id/ekarina/berita/5fa93cddb3869/tren-bisnis-kedai-kopi-2021-harga-makin-terjangkau-kualitas-bersaing (Diakses 5 April 2022, 10.00 WIB).
Setyawati, E., Wibowo, A., & Riyana, E. W. (2019). Waste Management Information System based on Android. Media Aplikom, 11(2), 96-104.
Wibowo, A., Nugroho, A., Marbun, P., & Fransi, D. C. (2018). Information system planning strategy on higher education institution based computer: a case study of a STIKOM yos sudarso purwokerto Indonesia. International Journal of Engineering & Technology, 7(4), 2835-2844.
Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.
Widiyanti, W., & Wibowo, A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan Barang pada Toko Dua Putri Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(1), 116-132.
Wijoyo, H. (2021). Increased Ability to Conduct Interviews Through Assignment Methods. International Webinar with special theme of Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. E., ... & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. Academic and Scientific Journals, 6(1), 37-44.
Wijoyo, H., Akbar, M. F., Safii, A. R., Prasada, D., Yusuf, A., Sudarsono, A., & Widiyant, W. (2021). The Effect of Tax Stimulus During the Covid-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers. Available at SSRN 3873695.
Junita, A., & Agilitas, T. (2021). KEPEMIMPINAN AGILE 4.0. Leadership di Era Digital, 37.
Wijoyo, H., Gelgel, I. P., & Arniati, I. A. K. (2022). Factors that Cause the Monastery and Cetiya under the Auspices of the Pekanbaru MBI PC. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 4(1), 162-176.
Siagian, A. O., Prasada, D., Sudarsono, A., & Wijoyo, H. (2021). During the Pandemic Perceived Quality Forms Customer Loyalty via Brand Equity Oppo Smartphone Users.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H. Manajemen Keuangan. Insan Cendekia.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.