Main Article Content

Robin Sunjaya
Viona Viona
Jerry Jerry
Kevin Alexander

Abstract

Perkembangan di bidang sosial dalam ruang lingkup teknologi komunikasi sudah semakin maju, salah satu contoh fenomena baru dalam masyarakat dapat dilihat dari terbentuknya aplikasi kencan online. Aplikasi kencan online adalah aplikasi yang membantu mempertemukan orang dengan ketertarikan yang sama dalam suatu hubungan romansa. Aplikasi kencan online bukanlah hal baru, namun peningkatan drastis pengguna Tinder selama pandemi Covid-19 merupakan fenomena yang dapat diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan model penelitian deskriptif melalui penyebaran kuesioner mengenai pengaruh aplikasi pencari pasangan online pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner melalui sosial media dengan pengguna aktif yang telah mengisi kuesioner sebanyak 177 responden. Penelitian ini bertujuan menguji niat perjalanan melalui pengungkapan diri, kepercayaan, dan keintiman. penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan diri dapat mempengaruhi kepercayaan, keintiman, dan niat perjalanan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Andini, M., & Pudjiati, S. R. R. (2021). Gambaran Psikologis Remaja SMA Selama Sekolah dari Rumah Akibat Pandemi COVID-19 di Indonesia. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(3), 217. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i3.5267
Chisom, O. B. (2021). Effects of Modern Dating Applications on Healthy Offline Intimate Relationships during the COVID-19 Pandemic: A Review of the Tinder Dating Application. Advances in Journalism and Communication, 9(1), 12–38. https://doi.org/10.4236/ajc.2021.91002
Fitrianingrum, F., Ismail, J. R., Khairani, N. Z., Faza, S. D., & Nurbayani, S. (2021). Fenomena Pencarian Partner Casual Sex Relationships Menggunakan Aplikasi Kencan Daring Tinder di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(2), 106–117. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i2.55
Javier, F. (2021). Aktivitas Pengguna Tinder Meningkat Selama Pandemi Covid-19. https://data.tempo.co/data/1242/aktivitas-pengguna-tinder-meningkat-selama-pandemi-covid-19. [Accesed: 06-Apr-2022].
Lawado, M. R. (2020). Komunikasi Antarpersonal Pada Pasangan Berbasis Aplikasi Kencan Online (Studi Deskriptif Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya Pengguna Aplikasi Tinder). Commercium, 2(2), 113–118.
Mellania, C., & Tjahjawulan, I. (2020). Pencarian Jodoh Daring Masyarakat Urban Indonesia. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 8(1), 19–37. https://doi.org/10.36806/JSRW.
Munoz, K. E. (2022). Predicting travel intentions using self-disclosure, trust and intimacy: the case of Tinder users during COVID-19. Journal of Tourism Futures, ahead-of-p(ahead-of-print), 1–16. https://doi.org/10.1108/jtf-09-2021-0232
Naidoo, R. (2020). A multi-level influence model of COVID-19 themed cybercrime. European Journal of Information Systems, 29(3), 306–321. https://doi.org/10.1080/0960085X.2020.1771222
Nayiroh, L. (2021). Proses Penetrasi Sosial Hubungan Pasangan Pengguna Aplikasi Kencan Online ( Tinder ) Dimasa Pandemi Covid-19. Public Relation and Media Communication Studies Journal, 3(2), 57–66. https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v3i2.6342
Noorajavi, R. (2021). Dari Tinder hingga Grindr: Bagaimana penyedia aplikasi kencan online beradaptasi kala pandemi? https://theconversation.com/dari-tinder-hingga-grindr-bagaimana-penyedia-aplikasi-kencan-online-beradaptasi-kala-pandemi-168570. [Accesed: 05-Apr-2022].
Paramitha, A., Tanuwijaya, S., & Natakoesoemah, S. (2017). Analisis Motif Dan Dampak Penggunaan Aplikasi Tinder Berbayar. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 5(2), 187–204.
Rahmatullah, T. (2021). Teknologi Persuasif : Aktor Penting Media Sosial Dalam Mengubah Sikap Dan Perilaku Pengguna. Jurnal Soshum Insentif, 4(1), 60–78. https://doi.org/10.36787/jsi.v4i1.509
Rini, M. S. (2021). Minat Remaja Ditinjau dari Tes Minat Rothwell Miller Interest Blank (RMIB) di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Kota Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 79–85.
Safitri, A. D., Achmad, Z. A., Arviani, H., Zuhri, S., Mustikasari, R. P., & Chairil, A. M. (2022). Dampak Publisitas Negatif Cyber Abuse Melalui Tinder pada Remaja di Kota Surabaya. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 7(1), 36–50. https://doi.org/10.20527/mc.v7i1.12679
Salsabila, F., & Widiasavitri, N. (2021). Gambaran self-disclosure pada perempuan pengguna aplikasi online dating Tinder di tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Udayana, 8(2), 48–57. https://doi.org/10.24843/JPU/2021.v08.i02.p07.
Setyawati, E., Wibowo, A., & Riyana, E. W. (2019). Waste Management Information System based on Android. Media Aplikom, 11(2), 96-104.
Wibowo, A., Nugroho, A., Marbun, P., & Fransi, D. C. (2018). Information system planning strategy on higher education institution based computer: a case study of a STIKOM yos sudarso purwokerto Indonesia. International Journal of Engineering & Technology, 7(4), 2835-2844.
Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.
Widiyanti, W., & Wibowo, A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan Barang pada Toko Dua Putri Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(1), 116-132.
Wijoyo, H. (2021). Increased Ability to Conduct Interviews Through Assignment Methods. International Webinar with special theme of Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. E., ... & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. Academic and Scientific Journals, 6(1), 37-44.
Wijoyo, H., Akbar, M. F., Safii, A. R., Prasada, D., Yusuf, A., Sudarsono, A., & Widiyant, W. (2021). The Effect of Tax Stimulus During the Covid-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers. Available at SSRN 3873695.
Junita, A., & Agilitas, T. (2021). KEPEMIMPINAN AGILE 4.0. Leadership di Era Digital, 37.
Wijoyo, H., Gelgel, I. P., & Arniati, I. A. K. (2022). Factors that Cause the Monastery and Cetiya under the Auspices of the Pekanbaru MBI PC. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 4(1), 162-176.
Siagian, A. O., Prasada, D., Sudarsono, A., & Wijoyo, H. (2021). During the Pandemic Perceived Quality Forms Customer Loyalty via Brand Equity Oppo Smartphone Users.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H. Manajemen Keuangan. Insan Cendekia.