PENERAPAN CLUSTERING K-MEANS UNTUK MENENTUKAN PENGARUH MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN PEKANBARU KOTA
Main Article Content
Abstract
Di Indonesia khususnya pada wilayah Kota Pekanbaru terdapat banyak para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (umkm). Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih menuntut para pelaku agar lebih bekerja keras dan berinovasi agar mampu bersaing dalam mempeluas pasar maupun dalam peningkatan pendapatan. Teknik pemanfaatan data menjadi sebuah informasi baru disebut juga sebagai data mining. Salah satu metode data mining yang cukup populer adalah clustering dengan menggunakan algoritma K-Means. K-Means dapat mengolah data tanpa diberitahu terlebih dahulu label kelasnya. Penelitian ini akan menghasilkan dua kelompok pengguna media sosial facebook berpengaruh, dan sangat berpengaruh. Hasil dari pengolahan data yang semakin mendekati angka nol, maka kemiripan data anggota cluster akan semakin baik
Downloads
Article Details
Fahmi, K., Kurniawan, T., Cahyono, Y., & Sena, A. (2020). Did Servant, Digital and Green Leadership Influence Market Performance? Evidence from Indonesian. Pharmaceutical Industry. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(9), 642-653.
Fatmawati, Kiki & Windarto, Agus. (2018). Data Mining: Penerapan Rapidminer Dengan K-Means Cluster Pada Daerah Terjangkit Demam Berdarah Dengue (Dbd) Berdasarkan Provinsi. Computer Engineering, Science and System Journal. 3. 173. 10.24114/cess.v3i2.9661.
Irianto, Aloysius Bagas Pradipta 2015, Pemanfaatan Social Media Untuk Meningkatkan Marke Share UKM, Jurnal TEKNOMATIKA, Vol. 8 No. 1 Juli, hal 1-12
Khotimah, T. (2014). Pengelompokan Surat Dalam Al Qur’an Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal Simetris, 5(1), 83-88.
Nurgayatri, Ade Raisha, 2016, Pengaruh Promosi Online Pada Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Brand Elmeira, e-proceeding of Management, Vol. 3 No. 3 Desember, hal 2679-2687
Ong. Johan Oscar, 2013, Implementasi Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing President University, JITI, Vol.12 No. 1 Juni, hal 10-20

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.