Pemanfaatan Shopeefood Sebagai Strategi Marketing Digital Pada UMKM di Depok Selama Covid-19
Main Article Content
Abstract
Analisis marketing digital merupakan salah satu kajian yang banyak banyak dilakukan dimasa pandamik Covid-19, baik perusanaan besar maupun perusahaan kecil. Sedangkan analisis secara spesifik pada satu marketplace masih terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan ShopeeFood sebagai strategi marketing digital UMKM di Depok selama pandemic. Penelitian dilakukan dengan pandekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui pengamatan di aplikasi ShopeeFood dan dukungan data dari berbagai situs resmi, publikasi ilmiah yang diperoleh dengan cara penelusuran sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sektor UMKM terdampak parah yang paling terdampak yakni makanan dan minuman. Dengan menggunakan strategi marketing pada ShopeeFood memberikan dampak positif dalam meningkatkan pendapatan secara online. Dengan itu UMKM Depok memiliki kesempatan untuk memperluas pasar melalui ShopeeFood dalam menjual produk makanan siap saji. Shopee merupakan e-commerce yang dibuat khusus untuk menyuguhkan pengalaman berbelanja online yang mudah, aman dan cepat. ShopeeFood adalah layanan pesan-antar makanan dan minuman. Banyak UMKM yang kini membuka usaha melalui ShopeeFood karena melihat adanya peluang bisnis.
Downloads
Article Details
Febriyantoro M. T. & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara Vol 1 No 2, Desember 2018
Magdalena H. & Ellyani W. (2017). Strategi Memanfaatkan E-commerce Dalam Memasarkan Makanan Khas Bangka (Studi Kasus: Aneka Citra Snack) Vol 3 No 2, Desember 2017.
Hariadi E. & Winarno W. W. (2013). Analisis Pemanfaatan E-commerce Sebagai Strategi Bisnis Jual Beli Emas Terhadap Kepuasan Pelanggan. A-95 - A-103.
Aris Prayitno. (2020). Pengertian Digitak Marketing Menurut Para Ahli, Strategi, dan Perkembangannya di Indonesia. https://www.justaris.com/pengertian-digital-marketing- menurut-para-ahli-strategi-dan-perkembangannya-di-indonesia/
Kontributor Wikipedia. Penelitian Deskriptif. "Wikipedia, 8 Juni 2021". https://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_deskriptif
Kurniawan A. (2021). Dukung Ribuan UMKM Lokal, Pemkot Depok Gandeng Shopee Hadirkan Depok Virtual Expo 2021. https://money.kompas.com/read/2021/08/24/180000426/dukung-ribuan-umkm-lokal-pemkot-depok-gandeng-shopee-hadirkan-depok-virtual?page=all.
Veracious. (2022). "Shopee". Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee.
Setyawati, E., Wibowo, A., & Riyana, E. W. (2019). Waste Management Information System based on Android. Media Aplikom, 11(2), 96-104.
Wibowo, A., Nugroho, A., Marbun, P., & Fransi, D. C. (2018). Information system planning strategy on higher education institution based computer: a case study of a STIKOM yos sudarso purwokerto Indonesia. International Journal of Engineering & Technology, 7(4), 2835-2844.
Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.
Widiyanti, W., & Wibowo, A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan Barang pada Toko Dua Putri Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(1), 116-132.
Wijoyo, H. (2021). Increased Ability to Conduct Interviews Through Assignment Methods. International Webinar with special theme of Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. E., ... & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. Academic and Scientific Journals, 6(1), 37-44.
Wijoyo, H., Akbar, M. F., Safii, A. R., Prasada, D., Yusuf, A., Sudarsono, A., & Widiyant, W. (2021). The Effect of Tax Stimulus During the Covid-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers. Available at SSRN 3873695.
Junita, A., & Agilitas, T. (2021). KEPEMIMPINAN AGILE 4.0. Leadership di Era Digital, 37.
Wijoyo, H., Gelgel, I. P., & Arniati, I. A. K. (2022). Factors that Cause the Monastery and Cetiya under the Auspices of the Pekanbaru MBI PC. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 4(1), 162-176.
Siagian, A. O., Prasada, D., Sudarsono, A., & Wijoyo, H. (2021). During the Pandemic Perceived Quality Forms Customer Loyalty via Brand Equity Oppo Smartphone Users.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H. Manajemen Keuangan. Insan Cendekia.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.