Main Article Content

Tasya Aurellia
Rafa Akasya Bonita
Erwin Permana

Abstract

Salah satu minuman yang menjadi trend masa kini adalah minuman dengan toping boba. Minuman ini menjadi sangat terkenal dan banyak sekali yang mulai mencoba bisnis dengan menggunakan toping boba ini. Boba adalah bola tapioka yang sering menjadi isian dari minuman bubble tea. Boba berbahan dasar tepung tapioka, tepung tapioka ini tidak memiliki banyak rasa, maka Sebagian besar rasa manis dari boba tersebut berasal dari gula merah atau madu yang direndam sebelum disajikan. Salah satunya adalah perusahaan chatime. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Penjualan Chatime di Indonesia pada Masa Pandemic. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui penelusuran diberbagai media resmi dan populer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strateti penjualan Chattime dilakukan dengan 1) Membuat produk yang dijual menjadi mudah diakses dan dijangkau alias affordable and reachable. 2) Mengembangkan Segmentasi Pelanggan secara lebih spesifik dan unik. 3) Bekerjasama melalui mitra kerja seperti gofood, grabfood, shopeefood, dan aplikasi chatime, sehingga para pelanggan tidak perlu datang ke gerai dan menyebabkan kerumunan. 4) Melakukan riset dan pengembangan produk dapat mempertahankan penjualan di kala pandemi dan 5) Pada saat pandemi, perusahaan justru memindahkan gerainya pada wilayah-wilayah dekat dengan pemukiman penduduk.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Rieke retnosary (2016). Penerapan Strategi Penjualan Produk Organik dalam Upaya Meningkatkan Daya Beli Konsumen (Studi Kasus PT. Hero Supermarket Cikampek). Vol.1, No.1. Jurnal Buana Ilmu
Willy Pratama Widharta & Sugiono Sugiharto, S.E., M.M (2013). Penyusunan Strategi dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Vol. 2, No.1. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra
Maskarto Lucky Nara Rosmadi (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Vol. 4, No.1. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika
Sri Rezeki Al’ Adawiyah Mz & Astri Wulandari (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Chatime. Vol 6, No.1. ISSN 2089-3590, EISSN 2303-2472
Yuliana Pinaringsih Kristiutami & Sandy Nugraha Raharjo (2021). Strategi Pemasaran Hotel Grand Asrilia di Masa Pandemi Covid-19. Vol 19, No.1. ISSN 16935969, EISSN 2685843
Dinisari (2020). Strategi Bisnis di Tengah Pandemi, Chatime Buka Kanal Penjualan Online. Bisnis.com/https://entrepreneur.bisnis.com/read/20200522/52/1243960/strategi-bisnis-di-tengah-pandemi-chatime-buka-kanal-penjualan-online
Tri Kurnia Yunianto (2022). Cara Unik Chatime Pertahankan Bisnis dari Krisis Pandemi. Marketeers.com/https://www.marketeers.com/cara-unik-chatime-pertahankan-bisnis-dari-krisis-pandemi/
Afriansyah (2020). 5 Strategi Pnejualan yang Trendi di Masa Pandemi (Bagian 1 dari 2). Money.Kompas.com/https://money.kompas.com/read/2020/10/12/141630026/5-strategi-penjualan-yang-trendi-di-masa-pandemi-bagian-1-dari-2?page=all.
Eka Serah Wati (2019). Pengaruh Marketing Mix (4P) Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Café KOI Thé di Lippo Mall Puri). Digilib.esaunggu.ac.id/https://digilib.esaunggul.ac.id/UEU-Undergraduate-201411052/13605/loyalitas-distributor.
Setyawati, E., Wibowo, A., & Riyana, E. W. (2019). Waste Management Information System based on Android. Media Aplikom, 11(2), 96-104.
Wibowo, A., Nugroho, A., Marbun, P., & Fransi, D. C. (2018). Information system planning strategy on higher education institution based computer: a case study of a STIKOM yos sudarso purwokerto Indonesia. International Journal of Engineering & Technology, 7(4), 2835-2844.
Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.
Widiyanti, W., & Wibowo, A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan Barang pada Toko Dua Putri Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(1), 116-132.
Wijoyo, H. (2021). Increased Ability to Conduct Interviews Through Assignment Methods. International Webinar with special theme of Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. E., ... & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. Academic and Scientific Journals, 6(1), 37-44.
Wijoyo, H., Akbar, M. F., Safii, A. R., Prasada, D., Yusuf, A., Sudarsono, A., & Widiyant, W. (2021). The Effect of Tax Stimulus During the Covid-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers. Available at SSRN 3873695.
Junita, A., & Agilitas, T. (2021). KEPEMIMPINAN AGILE 4.0. Leadership di Era Digital, 37.
Wijoyo, H., Gelgel, I. P., & Arniati, I. A. K. (2022). Factors that Cause the Monastery and Cetiya under the Auspices of the Pekanbaru MBI PC. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 4(1), 162-176.
Siagian, A. O., Prasada, D., Sudarsono, A., & Wijoyo, H. (2021). During the Pandemic Perceived Quality Forms Customer Loyalty via Brand Equity Oppo Smartphone Users.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H. Manajemen Keuangan. Insan Cendekia.