Main Article Content

Nur Cholis Shohib
Kunto Eko Susilo
Aryo Nugroho

Abstract

Kajian ini mengangkat topik tentang QRIS sebagai alat transaksi saat berkunjung di pantai selatan Malang penggunaan Qrcode. Bank Indonesia selaku regulator mesin pembayaran mengeluarkan sistem pembayaran baru yaitu QRIS (QR Code Indonesia Trendi) sedangkan pantai selatan Malang merupakan salah satu pemandangan deretan pantai yang mempesona yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing maupun domestik. karena memiliki keunggulan pantai selatan malang yang mungkin sangat mempesona dan alami dengan tebing batu yang menambah daya tarik pantai selatan malang. Hingga muncul banyak UMKM baru di sekitarnya diharapkan QRIS dapat menjadi metode pembayaran peluang yang mudah dan dapat mengurangi kontak fisik di era pandemi covid 19 yang mutakhir. Penelitian ini untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir selatan Malang serta untuk meningkatkan daya saing pesisir selatan Malang menjadi lokasi pengunjung yang terintegrasi dan terkini dengan penggunaan QRIS. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara dan studi literatur pada UMKM di sekitar lokasi wisata pantai selatan Malang. Dengan sumber informasi berasal dari arsip primer, fakta sekunder, dan arsip tersier. Evaluasi informasi yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan komentar, wawancara dan dokumentasi. Hal ini menunjukkan bahwa QRIS memiliki berkah yang sangat besar bagi para pedagang UMKM di seluruh tempat wisata pantai selatan Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Admin, A. (2020). Sampul JPDK Vol. 5 No. 1 , 2020. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 5(1), 0. https://doi.org/10.47435/jpdk.v5i1.305
Anshori, M. H., Samopa, F., & Suryotrisongko, H. (2013). Pengembangan sistem pembayaran elektronik menggunakan kode qr berbasis android. Jurnal Teknik Pomits, 2(1), 2–4.
Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2022). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452
Nasution, R. A. (2021). Analisis Persepsi Pedagang Pada Penggunaan Qris Sebagai Alat Transaksi Umkm Di Kota Medan. Journal of Chemical Information and Modeling.
Yin, R. K. (2016). Analyzing Qualitative Data, I: Compiling, Disassembling, and Reassembling. Qualitative Research from Start to Finish.
Setyawati, E., Wibowo, A., & Riyana, E. W. (2019). Waste Management Information System based on Android. Media Aplikom, 11(2), 96-104.
Wibowo, A., Nugroho, A., Marbun, P., & Fransi, D. C. (2018). Information system planning strategy on higher education institution based computer: a case study of a STIKOM yos sudarso purwokerto Indonesia. International Journal of Engineering & Technology, 7(4), 2835-2844.
Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.
Widiyanti, W., & Wibowo, A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan Barang pada Toko Dua Putri Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(1), 116-132.
Wijoyo, H. (2021). Increased Ability to Conduct Interviews Through Assignment Methods. International Webinar with special theme of Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. E., ... & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. Academic and Scientific Journals, 6(1), 37-44.
Wijoyo, H., Akbar, M. F., Safii, A. R., Prasada, D., Yusuf, A., Sudarsono, A., & Widiyant, W. (2021). The Effect of Tax Stimulus During the Covid-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers. Available at SSRN 3873695.
Junita, A., & Agilitas, T. (2021). KEPEMIMPINAN AGILE 4.0. Leadership di Era Digital, 37.
Wijoyo, H., Gelgel, I. P., & Arniati, I. A. K. (2022). Factors that Cause the Monastery and Cetiya under the Auspices of the Pekanbaru MBI PC. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 4(1), 162-176.
Siagian, A. O., Prasada, D., Sudarsono, A., & Wijoyo, H. (2021). During the Pandemic Perceived Quality Forms Customer Loyalty via Brand Equity Oppo Smartphone Users.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H. Manajemen Keuangan. Insan Cendekia.