Main Article Content

Ricky Andi Kurniawan
Heru Wijayanto Ariandono

Abstract

Sociopreneur Indonesia Academy adalah sebuah program yang dikembangkan oleh Sociopreneur Indonesia yang berfokus pada peningkatan keterampilan praktis supaya menjadi individu yang memiliki pola pikir, keterampilan, dan kreatif. Sociopreneur Indonesia Academy diluncurkan untuk pertama kalinya pada bulan Agustus 2020 dan dirancang untuk menyampaikan praktek tentang Pendidikan Kewirausahaan dan Inovasi Sosial kepada masyarakat yang lebih luas. Permasalahan yang dihadapi oleh media pembelajaran online pada setiap institusi adalah dengan adanya perubahan transformasi dalam bisnis model dan perubahan proses pembelajaran academy dari offline ke online. Sehingga dibutuhkan suatu platform yang terintegrasi, untuk mendukung proses pembelajaran yang dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi yang tepat atas permasalahan yang sedang dihadapi Sociopreneur Indonesia Academy dalam melakukan perancangan E-Learning berbasis website. Metode yang dilakukan pada penelitian ini dengan metode Scrum sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan pihak Sociopreneur Indonesia Academy. E-Learning berbasis website ini dirancang menggunakan Wordpress serta terdapat beberapa plugin yang mendukung didalamnya seperti Tutor LMS, Woocommerce, Tripay Payment dan Elementor. Dengan adanya E-Learning berbasis website ini dapat menjadi solusi terbaik untuk menjalankan proses pembelajaran selama program Sociopreneur Indonesia Academy berlangsung pada Sociopreneur Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Azzahra, Qonita. 2021. “Ramai-Ramai Berebut Pasar Pendidikan Digital.” Retrieved (https://www.alinea.id/bisnis/ramai-ramai-berebut-pasar-pendidikan-digital-b2c7Y95VL).
Jayani, Dwi Hadya. 2021a. “78% Sekolah Di Indonesia Masih Belajar Jarak Jauh Satuan Pendidikan Yang Menerapkan Pembelajaran Tatap Muka Dan Jarak Jauh (23 Maret 2021).” 1/4/2021. Retrieved October 25, 2021 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/04/01/78-sekolah-di-indonesia-masih-belajar-jarak-jauh).
Jayani, Dwi Hadya. 2021b. “Penggunaan Internet Di Kalangan Siswa Sekolah Semakin Meningkat.” 3/5/2021. Retrieved October 27, 2021 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/03/tren-siswa-sekolah-menggunakan-internet-semakin-meningkat).
Kharisma, Bayu, and Nurudin Santoso. 2020. “Pengembangan Aplikasi Manajemen Proyek Perangkat Lunak Kolaboratif Menggunakan Scrum.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya 4(3):723–32.
Lazare, Melanie. 2021. “A Peek at What’s next for Google Classroom.” Retrieved October 25, 2021 (https://blog.google/outreach-initiatives/education/classroom-roadmap/).
Setyati, Ari, Lega Anrima Setiawati, and Ainul Rhozy Ichwanto. 2021. “Aplikasi Learning Course System Berbasis Web Dengan Metode Rad (Rapid Application Development).” JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi) 8(3):1483–95. doi: 10.35957/jatisi.v8i3.1081.
Wardani, setyo agustin. 2021. “Pengguna Internet Dunia Tembus 4,66 Miliar, Rata-Rata Online Di Smartphone.” 28-01-2021. Retrieved (https://www.liputan6.com/tekno/read/4469008/pengguna-internet-dunia-tembus-466-miliar-rata-rata-online-di-smartphone).
Yunita Yunita, Elihami Elihami. 2021. “Problem Soving.” Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Media E-Learning: Diskursus Melalui Problem Soving Di Era Pandemik Covid-19 2(1):133–46.
Setyawati, E., Wibowo, A., & Riyana, E. W. (2019). Waste Management Information System based on Android. Media Aplikom, 11(2), 96-104.
Wibowo, A., Nugroho, A., Marbun, P., & Fransi, D. C. (2018). Information system planning strategy on higher education institution based computer: a case study of a STIKOM yos sudarso purwokerto Indonesia. International Journal of Engineering & Technology, 7(4), 2835-2844.
Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.
Widiyanti, W., & Wibowo, A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan Barang pada Toko Dua Putri Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(1), 116-132.
Wijoyo, H. (2021). Increased Ability to Conduct Interviews Through Assignment Methods. International Webinar with special theme of Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. E., ... & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. Academic and Scientific Journals, 6(1), 37-44.
Wijoyo, H., Akbar, M. F., Safii, A. R., Prasada, D., Yusuf, A., Sudarsono, A., & Widiyant, W. (2021). The Effect of Tax Stimulus During the Covid-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers. Available at SSRN 3873695.
Junita, A., & Agilitas, T. (2021). KEPEMIMPINAN AGILE 4.0. Leadership di Era Digital, 37.
Wijoyo, H., Gelgel, I. P., & Arniati, I. A. K. (2022). Factors that Cause the Monastery and Cetiya under the Auspices of the Pekanbaru MBI PC. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 4(1), 162-176.
Siagian, A. O., Prasada, D., Sudarsono, A., & Wijoyo, H. (2021). During the Pandemic Perceived Quality Forms Customer Loyalty via Brand Equity Oppo Smartphone Users.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H. Manajemen Keuangan. Insan Cendekia.