Main Article Content

Any Saroh Dwisono
Iin Ernawati

Abstract

Dalam bisnis, para pemilik perusahaan hendaknya memanfaatkan momen tersebut untuk menambah nilai bagi pengembangan bisnisnya. Salah satu kesalahan pada bisnis UKM yaitu masih belum banyak dalam melibatkan emosi pada customer, hingga strategi promosi pelaku UKM saat ini hanya sebatas   memperkenalkan   kelebihan   produknya   tanpa   memahami   kebutuhan   juga   perasaan pelanggan. Tantangan pemasaran ini merupakan metode terobosan yang digunakan UMKM untuk menjaga hubungan baik bersama pelanggan dan membangun loyalitas mereka melalui pengetahuan dan respon yang cepat terhadap kebutuhan pelanggan. Cara menerapkan ide CRM dengan aplikasi website dimana dapat memberikan informasi terkait kebutuhan pelanggan sebagai peningkatan kepuasan pelanggan. Sistem yang dibangun berupa Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) berbasis website. Sehingga diharapkan adanya hubungan komunikasi yang baik dengan pelanggannya dari pihak stakeholder khususnya manajemen, yang bertujuan sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menjaga loyalitas pelanggan Cistik Resep Eyang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Erfariani, S. A., & Susanti, E. D. (2021). Penerapan Strategi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi kasus Pada Nissi Furniture Surabaya). Jurnal Revolusi Idonesia, 1(5), 411–429.
Fahri, A. N. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjadwalan dan Reservasi Dokter. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mulyani, Y. (2020). Belajar Coding itu Penting di Era Revolusi Industri 4.0. Pustaka baru Press.
Rosalina, V., Hamdan, & Harsiti. (2019). Electronic Customer Relationship (E-Crm) Pada Pelaku Usaha Dan Menengah (Umkm) Desa. Jurnal Kuat: Keuangan Dan Akuntansi Terapan, 1(2), 71–75.
Sri, H., Sukesi, & Kanty, H. (2019). Manajemen UMKM dan Koperasi: Optimalisasi Ekonomi Masyarakat Pesisir Pantai. In Unitomo Press.
Sutariyani, Hamidjoyo, K., & N, S. A. (2017). Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Pada Rsu Assalam Gemolong. Indonesian Journal on Networking and Security, 6(2), 43–48.
Tristianto, C. (2018). Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan. Jurnal Teknologi Informasi ESIT, XII (01), 7–21.
Wijaya, Y. F., Suparno, A., & Wibowo, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tabung Oksigen Pada Toko Pan Gas Gombong Berbasis Website. INCODING: Journal of Informatics and Computer Science Engineering, 2(2), 126-134.
Irawan, N. A., Lianawati, Y., & Wibowo, A. (2023). Sistem Informasi Pembayaran Biaya Sekolah Berbasis Website Dengan Whatsapp Gateway. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(1), 33-44.
Siagian, Ade Onny, and Hadion Wijoyo. "Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Komite Farmasi Nasional." MANABIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis 1.2 (2022): 124-133.
Wijoyo, H. (2020). Human Resources Management Implementation Impact on Job Satisfaction and Employee Loyalty An Overview. In Jambi Economic Business & Accounting Conference (JEBAC), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi.
Cahyono, Y., Purwoko, D., Koho, I., Setiani, A., Supendi, S., Setyoko, P., ... & Wijoyo, H. (2023). The role of supply chain management practices on competitive advantage and performance of halal agroindustry SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 153-160.
Khiong, K., Arijanto, R., Dewi, G. C., Mulyandi, M. R., Putra, R. S., Siagian, A. O., ... & Fahmi, K. (2022). The role of compatibility, perceived usefulness, convenience perception and convenience perception on electronic money (e-wallet) usage interest. Journal of Positive School Psychology, 6281-6286.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Analysis of Most Influential Factors to Attract Foreign Direct Investment. Journal of Critical Reviews, 7(13).
Wijoyo, H. (2018). Determinant Of Customer Value And Its Implication On Customer Satisfaction Private Hospital In Riau Province. International Journal of Economics, Business and Management Research, 2(02).
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. resmilitaris, 12(5), 471-484.
Purnamasari, A., Lingga, L. J., Deswari, D., Syafriani, S., & Wijoyo, H. ANALISIS REFLEKSI PADA LOKAKARYA ASESMEN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH PENGGERAK. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(1), 43-53.