Rancang Model Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website Toko Perlengkapan Alat Bali
Main Article Content
Abstract
Teknologi IT yang saat ini sudah diimplementasikan hampir di segala bidang mampu memberikan pengaruh positif dari banyak variable. Implementasi IT dalam bidang pemasaran mampu menunjang kinerja dan daya saing yang akan berhubungan langsung dengan keuntungan perusahaan. Perlunya sebuah perusahaan melakukan pengembangan sistem konvensional menjadi sistem informasi untuk dapat menyajikan informasi yang lebih real time.Toko Perlengkapan Alat Bali merupakan sebuah usaha yang menyediakan perlengkapan upacara keagamaan meliputi pensucian pura, baju adat bali bahan-bahan untuk membuat sesaji ibadah. Sistem pencatatan dan pengolahan data yang menyangkut kegiatan penjualan barang selama ini masih dilakukan dengan cara konvesional. Kendala yang muncul dengan sistem tersebut diantaranya terletak pada manajemen data di mana berhubungan langsung dengan penyajian informasi. Berdasarkan latar belakang dan permasalahan yang terjadi, perlu adanya proses migrasi manajemen data konvesional ke sebuah sistem informasi manajemen berbasis website. Trend aktivitas perdagangan yang saat ini terjadi adalah perdangangan online, di mana sistem ini dipandang lebih bisa menembak target pasar dengan lebih bebas daripada perdagangan offline. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi sistem informasi penjualan berbasis website pada Toko Perlengkapan Alat Bali. Melalui proses pengujian white box dan black box disimpulkan bahwa implementasi sistem berhasil dilakukan sesuai dengan proses bisnis sehingga mampu mengatasi permasalahan yang terjadi.
Downloads
Article Details
H. Nur, “Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan,” Gener. J., vol. 3, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.29407/gj.v3i1.12642.
E. Syam, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Data Mahasiswa Dan Dosen Terintegrasi,” It J. Res. Dev., vol. 2, no. 2, pp. 45–51, 2018, doi: 10.25299/itjrd.2018.vol2(2).1220.
S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi KaHandayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.310,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.
M. M. Gultom and Maryam, “Sistem Informasi Penjualan Material Bangunan Pada Toko Bangunan Berkah,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 79–86, 2020, doi: 10.20884/1.jutif.2020.1.2.19.
R. Hidayat, S. Marlina, and L. D. Utami, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall,” Simnasiptek 2017, p. A-178, 2017.
O. Veza, “Perancangan E-commerce Untuk Memperluas Produk Komunikasi di PT. Golden Communication Berbasis Web Mobile,” J. Tek. Ibnu Sina, vol. 4, no. 1, pp. 95–100, 2019, doi: 10.36352/jt-ibsi.v4i1.180.
A. Anwardi, A. Ramadona, M. Hartati, T. Nurainun, and E. G. Permata, “Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall,” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 7, no. 1, p. 57, 2020.
A. Nurdin, F. Fauziah, and R. T. Komala Sari, “White Box Testing Pada Sistem Manajemen Pengelolaan Surat di Sekretariat Rektorat Berbasis Web,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 6, no. 1, p. 65, 2021, doi: 10.30998/string.v6i1.9899.
H. Hendri, J. W. Hasiholan Manurung, R. A. Ferian, W. F. Hanaatmoko, and Y. Yulianti, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Masjid Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 3, no. 2, p. 107, 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i2.4694.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Sandra, A. B., Widiastuti, R. Y., & Setyawati, E. (2022). Implementasi Sistem Informasi Pencatatan Transaksi Peminjaman Berbasis Web Pada KSP AKBP Purbalingga. Jurnal Surya Informatika: Membangun Informasi dan Profesionalisme, 30-38.
Widiastuti, R. Y., Wibowo, A., & Widyatmoko, R. N. (2022). Rancang Bangun Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Website Untuk STIKOM Yos Sudarso. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 195-202.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.