Main Article Content

Nur Adha Pasaribu
Putri Natasya Lubis
Nela Meilani
Muhammad Siddik Hasibuan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan WiFi di Indonesia yang menyebabkan peningkatan jumlah pelanggan WiFi PT. Telkom Akses. Efek ini sering menyebabkan keterlambatan proses layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan keadaan pelayanan sebagai normal atau tidak normal berdasarkan data pelanggan Telkom. Pada penelitian ini, kami mengimplementasikan data mining dengan menggunakan metode k-nearest neighbor. Data yang digunakan adalah 100 dataset dari 10.121 data pelanggan telekomunikasi dari bulan September sampai Oktober 2022. Data dimasukkan ke dalam weka, dengan pemilihan atribut yang terdiri dari 60 data training dan 40 data testing, weka menangani perhitungan dan menyajikan hasil klasifikasi dalam bentuk normal atau tidak normal. Hasil perhitungan klasifikasi pada dataset 100 data menggunakan algoritma k-nearest-neighbor menghasilkan hasil terbaik menggunakan weka dengan nilai kebenaran 81% dan tingkat eror 19%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Agusetiana, E., Fitrani, A. S., & Kunci, K. (2022). Implementasi Data Mining Pada Pelanggan Telkom Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor untuk Memprediksi Status Pelayanan. 115–119.
Dunhan, M. H. (2013). Data Mining: Introductory and Advanced Topics 1st Edition. Engineering, 1–89.
Haryadi, T. S. (2012). Penerapan Algoritma K-Means Untuk Pengelompokan Data Nilai Siswa. 1–9.
Lubis, M. I. Y., & Zufria, I. (2022). Perancangan Aplikasi Pendataan Valins Yang Tervalidasi Oleh PT. Telkom Witel Medan Berbasis Web. Aisyah Journal of Informatics and Electrical Engineering, 4(1), 33–41. http://jti.aisyahuniversity.ac.id/index.php/AJIEE%0Ahttps://doi.org/10.30604/jti.v4i1.100
Marks Hall, G. H. (2007). WEKA: Practical Machine Learning Tools and Techniques with JAva Implementations. https://researchcommons.waikato.ac.nz/bitstream/handle/10289/1040/uow-cs-wp-1999-11.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Muslim Rejeki, S., & Tarmuji, A. (2018). Memebangun Aplikasi Autogenerate Script ke Flowchart Untuk Mendukung Business Process Reegineering. 1(2), 448–456.
Ong, J. O. (2013). Implementasi Algotritma K-means clustering untuk menentukan strategi marketing president university. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol.12, no(juni), 10–20.
Pujiono, S., Amborowati, A., Suyanto, M., & Kunci, K. (2013). Analisis kepuasan publik menggunakan weka dalam mewujudkan. Jurnal DASI, 14(2), 45–55.
Reza Noviansyah, M., Rismawan, T., & Marisa Midyanti, D. (2018). Penerapan Data Mining Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor Untuk Klasifikasi Indeks Cuaca Kebakaran Berdasarkan Data Aws (Automatic Weather Station) (Studi Kasus: Kabupaten Kubu Raya). Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan, 06(2), 48–56.
Syukriyawati, G., Fidana, G., Dwi, R., Nilasari, A., & Risky, D. (2013). Data Mining Penerapan Metode K-Mean Clustering Untuk Pengelompokkan Mahasiswa Universitas Brawijaya Tahun 2012 Disusun Oleh : Ulya ’ Darojatun Nisa ’ Reysia Dwi Angga Nilasari Dika Risky.
Wijaya, Y. F., Suparno, A., & Wibowo, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tabung Oksigen Pada Toko Pan Gas Gombong Berbasis Website. INCODING: Journal of Informatics and Computer Science Engineering, 2(2), 126-134.
Irawan, N. A., Lianawati, Y., & Wibowo, A. (2023). Sistem Informasi Pembayaran Biaya Sekolah Berbasis Website Dengan Whatsapp Gateway. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(1), 33-44.
Siagian, Ade Onny, and Hadion Wijoyo. "Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Komite Farmasi Nasional." MANABIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis 1.2 (2022): 124-133.
Wijoyo, H. (2020). Human Resources Management Implementation Impact on Job Satisfaction and Employee Loyalty An Overview. In Jambi Economic Business & Accounting Conference (JEBAC), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi.
Cahyono, Y., Purwoko, D., Koho, I., Setiani, A., Supendi, S., Setyoko, P., ... & Wijoyo, H. (2023). The role of supply chain management practices on competitive advantage and performance of halal agroindustry SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 153-160.
Khiong, K., Arijanto, R., Dewi, G. C., Mulyandi, M. R., Putra, R. S., Siagian, A. O., ... & Fahmi, K. (2022). The role of compatibility, perceived usefulness, convenience perception and convenience perception on electronic money (e-wallet) usage interest. Journal of Positive School Psychology, 6281-6286.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Analysis of Most Influential Factors to Attract Foreign Direct Investment. Journal of Critical Reviews, 7(13).
Wijoyo, H. (2018). Determinant Of Customer Value And Its Implication On Customer Satisfaction Private Hospital In Riau Province. International Journal of Economics, Business and Management Research, 2(02).
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. resmilitaris, 12(5), 471-484.
Purnamasari, A., Lingga, L. J., Deswari, D., Syafriani, S., & Wijoyo, H. ANALISIS REFLEKSI PADA LOKAKARYA ASESMEN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH PENGGERAK. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(1), 43-53.