Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Penggunaan Mobile Payment
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan penggunaan layanan mobile payment pada pedagang di Kabupaten Karawang dan untuk mengetahui apa peran kepercayaan pedagang dalam penggunaan mobile payment di Kabupaten Karawang. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini tentang menilai peran kepercayaan dalam adopsi merchant pembayaran seluler di Ghana. variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan 9 variabel utama yaitu Intention to Adopt, perceived usefulness, perceived ease of use, Merchant trust in Mobile Payment, perceived environmental risk, perceived reputation, perceived opportunism, Perceived Compatibility, dan received structural assurance. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah accidental sampling jumlah sehingga sampel penelitian yang diperlukan adalah 185 responden dari populasi pada penelitian ini yaitu pedagang pengguna layanan mobile payment atau merchant di Kabupaten Karawang. hasil penelitian ini diketahui bahwa perceived usefulness adalah faktor yang signifikan. Pedagang diharapkan memahami kemampuan konsumen mengacu pada keyakinan kompetensi yang berarti bahwa konsumen harus percaya bahwa sistem m-payment berguna dalam mencapai tujuan.
Downloads
Article Details
Ar-Robi, M. R., & Wibawa, B. M. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan dan Performa pada Merchant OVO di Surabaya. Jurnal Sains dan Seni ITS, 8(1), 27-31.
Chandra, S., Srivastava, S.C., Theng, Y.-L.: Evaluating the Role of Trust in Consumer Adoption Of Mobile Payment Systems: An Empirical Analysis. Commun. Assoc. Inf. Syst. 29, 561–588 (2010). 27 Article
Congdon, S.: What’s in your wallet: addressing the regulatory grey area surrounding mobile payments. Case W. Res. JL Tech. Internet 7, 95 (2016)
Fikri, A. (2020). Bank Indonesia Catat Jawa Barat sebagai Pengguna QRIS Terbesar. Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/1314655/bankindonesia-catat-jawa-barat-sebagai-pengguna-qris-terbesar/full&view=ok
Davis, F.D.: Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, And User Acceptance of Information Technology. MIS Q. 13(3), 318–339 (198
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (Seventh Ed ed.).
Hsiao, M.H.: Mobile Payment Services as A Facilitator of Value Co-Creation: A Conceptual Framework. J. High Technol. Manag. Res. 30(2), 100353 (2019)
Liébana Cabanillas, F., Slade, E., Dwivedi, Y.: Time for A Different Perspective: A Preliminary Investigation of Barriers of Merchants’ Adoption of Mobile Payments (2016)
Rheeder, N. & Mashaba, N. (2016). Exploring How Service Failure Severity Affects Behavioural Intention in The Banking Industry. Journal Of Contemporary Management, 13(1), 1037-1063
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Teo, E., Fraunholz, B., Unnithan, C.: Inhibitors and Facilitators for Mobile Payment Adoption in Australia: A Preliminary Study. In: International Conference on Mobile Business (ICMB 2005), Pp. 663–666. IEEE, July 2005
Venkatesh, V., & Bala, H. (2008). Technology Acceptance Model 3 and a Research Agenda on Interventions. Decision Sciences, 39(2), 273–315.
Yeboah, E., Boateng, R., Owusu, A., Afful-Dadzie, E., & Ofori-Amanfo, J. (2020, April). Assessing the role of trust in merchant adoption of mobile payments in Ghana. In Conference on e-Business, e-Services and e-Society (pp. 204-215). Springer, Cham.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Sandra, A. B., Widiastuti, R. Y., & Setyawati, E. (2022). Implementasi Sistem Informasi Pencatatan Transaksi Peminjaman Berbasis Web Pada KSP AKBP Purbalingga. Jurnal Surya Informatika: Membangun Informasi dan Profesionalisme, 30-38.
Widiastuti, R. Y., Wibowo, A., & Widyatmoko, R. N. (2022). Rancang Bangun Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Website Untuk STIKOM Yos Sudarso. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 195-202.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.