Rancangan Aplikasi Layanan Aspirasi Masyarakat Berbasis Web Pada SAMSAT Medan Utara
Main Article Content
Abstract
Masyarakat pada umumnya pasti mempunyai suara yang ingin disampaikan pada pihak lain, tidak terkecuali pada SAMSAT Medan Utara. Namun kenyataannya, hingga saat ini masih banyak suara masyarakat yang tidak terucapkan dan tidak tersampaikan kepada pihak SAMSAT Medan Utara. Hal tersebut dikarenakan adanya batasan waktu dan sarana untuk menyampaikan suara tersebut. Suara yang dimaksud berupa aspirasi-aspirasi masyarakat, baik itu dalam segi positif maupun negatif, yang pastinya akan menjadi koreksi tersendiri bagi pihak SAMSAT Medan Utara agar bisa memaksimalkan progres kerjanya. Hal inilah yang menjadi latar belakang penulis untuk melakukan penelitian ini, dengan merancang aplikasi layanan aspirasi masyarakat berbasis web yang nantinya dapat digunakan di SAMSAT Medan Utara. Pembuatan rancangan aplikasi yang akan dibangun ini menggunakan Metode Waterfall Model dalam pengembangan sistemnya, adapun perangkat pendukung untuk merancang aplikasi ini yaitu PHP, UML, XAMPP, dan MYSQL. Hasil yang diharapkan dari perancangan aplikasi ini yaitu untuk membuat masyarakat dapat memberikan tanggapan berupa aspirasi kepada SAMSAT Medan Utara terkait kepuasan masyarakat terhadap pelayanan SAMSAT Medan Utara.
Downloads
Article Details
Febrianti, Rizka, and Moch. Syahrir. 2020. “Perancangan Aplikasi Pengaduan Masyarakat Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mataram Berbasis Android”. Mataram
M. Shalahuddin and Rosa A. S. 2018. ”Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek”. Bandung: Informatika
Pradika, Dimas Izha. 2022. “Rancangan Aplikasi Layanan Aspirasi Masyarakat Berbasis Web di Dinas KOMINFO Sumatera Utara”. Cosie (Journal of Computer Science and Informatics Engineering), Vol 01, No. 01, Januari 2022
Sasmito, Ginjar W. 2017. “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal”. Jurnal Informatika, Vol. 2, No. 1, Januari 2017. Politeknik Harapan Bersama. PP. 6-12
Syafnidawati. 2020. “Metode Waterfall”. https://raharja.ac.id/2020/04/04/metode-waterfall. Diakses pada tanggal 18 Desember 2022, (Pukul 17.29 WIB)
Zoelfagar, Hammer. 2019. “Pengembangan Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Untuk Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Pasuruan Berbasis Website”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol 3, No 1, pp 167-176.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Sandra, A. B., Widiastuti, R. Y., & Setyawati, E. (2022). Implementasi Sistem Informasi Pencatatan Transaksi Peminjaman Berbasis Web Pada KSP AKBP Purbalingga. Jurnal Surya Informatika: Membangun Informasi dan Profesionalisme, 30-38.
Widiastuti, R. Y., Wibowo, A., & Widyatmoko, R. N. (2022). Rancang Bangun Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Website Untuk STIKOM Yos Sudarso. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 195-202.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.