Strategi Pemasaran Media Sosial untuk Meningkatkan Penjualan Studi pada UMKM Fragrant Cakes House Batam
Main Article Content
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM Fragrant Cakes House Batam dengan cara membuat strategi pemasaran melalui media sosial (Tik Tok, Facebook dan Instagram) dalam upaya untuk meningkatkan penjualan pada UMKM. Dengan tujuan UMKM ini dapat dikenal dan dijangkau lebih banyak orang khususnya generasi muda, dapat bersaing dengan kompetitor dibidang serupa dan meningkatkan penjualan dari UMKM Fragrant Cakes House Batam, Produk yang dihasilkan yaitu moon cake (kue bulan). Hasil dari penelitian ini adalah pembelian moon cake (kue bulan) sangat identik dengan tradisi perayaan moon cake festival saja, sehingga penjualan melonjak hanya di saat perayaan moon cake festival saja sedangkan dihari biasa penjualan kurang optimal. Oleh sebab itu, peneliti membantu UMKM Fragrant Cakes House memaksimalkan strategi pemasaran dan penjualannya dengan target utama generasi Z, Y hingga X.
Downloads
Article Details
BUSINESS, & TECH. (2022). Cara Analisis Pesaing Untuk Menjaga Bisnis Tetap Unggul. 2022. Https://Www.Hashmicro.Com/Id/Blog/Analisis-Pesaing-Pengertian-Cara-Dan-Contoh/
Digitalagencycorner.com. (2017). Alasan Media Sosial Menjadi Online Marketing Yang Banyak Diincar. 2017. https://digitalagencycorner.com/alasan-media-sosial-menjadi-online-marketing-yang-banyak-diincar/
Dinas Koperasi, U. K. D. M., & Belitung, P. K. B. (2019). No Title. 2019. https://kukm.babelprov.go.id/content/uu-no-20-tahun-2008-tentang-usaha-mikro-kecil-dan-menengah#:~:text=UU No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah&text=Yang dimaksud dengan %22asas berwawasan,perlindungan dan pemeliharaan lingkungan hidup.
Ekon.go.id. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. 2021. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia
Kompas.com. (2021). Apa Itu UMKM: Pengertian, Kriteria, dan Contohnya. 2021. https://money.kompas.com/read/2021/03/26/153202726/apa-itu-umkm-pengertian-kriteria-dan-contohnya?page=all
Kompasiana. (2022). Solusi Perlindungan Pelaku UMKM dalam Meningkatkannya Perdagangan Cross Border E-commerce. 2022. https://www.kompasiana.com/sabirin40/635a875408a8b524c35713f2/kebijakan-green-economy-ditinjau-dari-hukum-persaingan-usaha-solusi-perlindungan-pelaku-umkm-dalam-meningkatkannya-perdagangan-cross-border-e-commerce?page=all&page_images=2
No Tit.צכןle. (n.d.). https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
qiscus. (2021). Cara Melakukan Analisis Kompetitor untuk Membuat Usaha Tetap Unggul. 2021. https://www.qiscus.com/id/blog/cara-melakukan-analisis-kompetitor-untuk-membuat-usaha-tetap-unggul.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Sandra, A. B., Widiastuti, R. Y., & Setyawati, E. (2022). Implementasi Sistem Informasi Pencatatan Transaksi Peminjaman Berbasis Web Pada KSP AKBP Purbalingga. Jurnal Surya Informatika: Membangun Informasi dan Profesionalisme, 30-38.
Widiastuti, R. Y., Wibowo, A., & Widyatmoko, R. N. (2022). Rancang Bangun Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Website Untuk STIKOM Yos Sudarso. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 195-202.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.