Main Article Content

Diyah Kiki Widiyaningrum
Riska Septiani
Pamela Larasati
Arief Wibowo

Abstract

Kerjasama dengan customer merupakan kegiatan rutin yang menjadi salah satu kunci berkembangnya suatu perusahaan. PT Gemilang perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan pada sektor tekomunikasi di indonesia. Untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan mengembangkan kerjasama dengan customer tentunya juga harus didukung dengan cashflow yang baik. Maka dari itu tujuan penulis membuat penelitian ini adalah untuk  mengetahui dan mengukur ketepatan waktu pembayaran dari customer atas penyediaan jasa layanan yang disediakan oleh PT. Gemilang dan sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk menentukan kelayakan perpanjangan kontrak kerjasama dengan customer dimasa mendatang. Penelitian ini menggunakan data pembayaran customer dari bulan januari sd desember 2019 yang kemudian diimplementasikan menggunakan algoritma Naive Bayes. Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa dalam penerapan algoritma naive bayes dapat digunakan dalam menilai kelayakan perpanjangan kontrak pada PT. Gemilang. Tahap pengolahan data yang dilakukan sangat berpengaruh pada nilai hasil accuracy serta evaluasi perbandingan dalam menggunakan aplikasi RapidMiner dan aplikasi Weka. Hasil dari pengolahan data menggunakan aplikasi RapidMiner adalah sebesar 90.62%, sedangkan data yang hasilkan oleh aplikasi Weka menghasilkan accuracy sebesar 96.8553%. Berdasarkan hasil accuracy yang dihasilkan dapat diambil kesimpulan bahwa kedua aplikasi ini mampu menghasilkan probabilitas ketepatan waktu pembayaran tagihan untuk menentukan kelayakan perpanjangan kontrak kerjasama dengan customer.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Jange, B. (2020) “Impacts of Indonesia’s 2019 Presidential Election Towards Stock Prices Indonesia Stock Exchange”, Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(1), pp. 2293-2305. Retrieved from https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/193 (Accessed: 11October 2020)..
Nestary, N. (2020). Design of Sales Information Systems in Stock Point Lily Shop is based on PHP MySQL. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 11(1), 2320-2337. Retrieved from https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/195
Wongso, F. (2014). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru di SMK Dharma Loka Pekanbaru Berbasis Visual Basic. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 5(2), 1094-1110. Retrieved from https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/49
Sahlberg, P. (2012). The most wanted: Teachers and teacher education in Finland. In L. Darling-Hammond & A. Lieberman (Eds.). Teacher education around the world: changing policies and practices. London: Routledge, pp. 22-44.

Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2005). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School. https://www.nap.edu/catalog/9853/how-people-learn-brain- mind-experience-and-school-expanded-edition.