Main Article Content

Wisnu Dewasyah Putra
Natalia Damastuti

Abstract

Saat masyarakat akan berobat ke puskesmas, sering dijumpai calon pasien yang ingin berobat ramai didepan loket antrean. Antrean pada puskemas terjadi diakibatkan oleh kebutuhan akan layanan melebihi kapasitas yang ada pada fasilitas layanan yang terdapat dalam sistem, sehingga terjadi penumpukan antrean. Di puskesmas pun tidak terdapat layanan yang membantu pasien untuk mengonsultasikan penyakitnya secara online dan hal tersebut juga menyusahkan pasien apabila penyakit yang diderita pasien kambuh disaat jam operasional puskesmas telah tutup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa permasalahan yang terjadi dan memberikan solusi dengan menggunakan metode FIFO (First-In, First-Out). Hasil penelitian ini yaitu dirancang sebuah aplikasi registrasi dan konsultasi pada pelayanan puskesmas yang memudahkan pasien untuk mendapat nomor antrean dan melakukan konsultasi secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Andrean Ricky Setyaji. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Antrian Berbasis Android Pada Klinik Bulan Sabit Merah Indonesia Kerja Praktik.
Dicoding Intern. (2020, November 25). Apa itu Firebase? Pengertian, Jenis-Jenis, dan Fungsi Kegunaannya. Dicoding.Com.
Dimas Catur Wibowo. (2019, May 30). Apa itu Android Studio dan Android SDK. Dicoding.Com.
Dwi Reza, A., Darujati, C., & Purworusmiardi, T. (n.d.). Sistem Informasi Pengaduan Mahasiswa (Studi Kasus Prodi Sistem Informasi Universitas Narotama ).
Fadjar Efendy Rasjid, S. Kom. (2014, December 15). Android: Sistem Operasi Pada Smartphone. Universitas Surabaya.
Irawan, H. T., & Pamungkas, I. (2018). Penerapan Model Antrian Pada Apotek Puskesmas Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. 4.
juni. (2021, September 29). Pengenalan Android Studio.
Kunti Dwi Narwattu Jati. (n.d.). Rancang Bangun Aplikasi Konsultasi Kesehatan Online.
Labolo, I., & Suleman, F. (2019). Penerapan Teknologi Mobile untuk Request Nomor Antrian Pasien pada Praktek Dokter Spesialis dan Dokter Umum. Jurnal Informatika Upgris, 4(2). https://doi.org/10.26877/jiu.v4i2.3129
Leksono, P., & Nita, S. (n.d.). Rancang Bangun Sistem Informasi Konsultasi Medis Berbasis Website.
Thanty Widyastui. (n.d.). Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian di Puskesmas Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan tahun 2008.
Zulfikar, R., & Supianto, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Antrian Poliklinik Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5, 361. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853891.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Syardiansah, S., Latief, A., Ramadansyah, J., Wijoyo, H., Prayudi, A., Sisiawan Putra, R., & Musnaini, M. (2021). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance.
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. resmilitaris, 12(5), 471-484.