Main Article Content

Dhewan Agum Mahendra
Slamet Winardi

Abstract

IoT (Internet of Thing) merupakan teknologi yang dapat digunakan untuk melakukan kontrol jarak jauh dan Unity adalah game engine yang sekarang sering dijumpai dalam beberapa aplikasi mobile maupun desktop. Dalam beberapa pengembangan IoT (Internet of Thing) dan Unity membutuhkan basis data untuk penyimpanan data, data yang disimpan juga beragam seperti waktu, kondisi, dan sebagainya. Penggunaan Realtime Database Firebase pada IoT (Internet of Thing) dan Unity dengan data yang sama agar bisa saling bertukar data dapat menjadi uji coba pengembangan teknologi di era sekarang. Metode yang digunakan adalah analis permasalahan dan kebutuhan sistem, perancangan database, implementasi. Hasil yang diharapkan dari perancangan database ini adalah membuatkan basis data yang dapat digunakan untuk saling akses oleh IoT (Internet of Thing) dan Unity, serta mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Realtime Database Firebase pada IoT (Internet of Thing) dan Unity sekaligus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Adani, F., & Salsabil, S. (n.d.). Internet Of Things: Sejarah Teknologi Dan Penerapannya.
Judithia, D. (2019). Proses Adaptasi Ikatan Mahasiswa Fakfak Di Kota Bandung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 54–69. Retrieved from https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1558/
Pangestu, R. A., Purboyo, T. W., Siswo, A., Ansori, R., Telkom, U., & Kelereng, P. B. (2021). Permainan Tradisional Balap Kelereng Berbasis Virtual Reality Menggunakan Algoritma Complementary Filter Traditional Marbles Racing Game Based on Virtual Reality Using. 8(5), 6583–6600.
Santoso, A. (2021). Software Development Life Cycle (SDLC). Sekolah Tinggi Informasi NITT.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Syardiansah, S., Latief, A., Ramadansyah, J., Wijoyo, H., Prayudi, A., Sisiawan Putra, R., & Musnaini, M. (2021). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance.
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. resmilitaris, 12(5), 471-484.