Analisis Kebutuhan dan Rancang Bangun Sistem Manajemen Persediaan UMKM Berbasis Website di era Society 5.0
Main Article Content
Abstract
Pesatnya persaingan usaha di Indonesia, mendorong para pelaku usaha untuk dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses operasionalnya yang diharapkan dapat berdampak pada produktivitas dan kinerjanya. Salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan dalam meningkatkan produktivitas dan kinerjanya adalah penggunaan teknologi digital. Sehingga penulis ingin meneliti analisis kebutuhan UMKM terhadap sistem manajemen persediaan berbasis website pada saat ini dan bagaimana desain dan rancang bangun sistem manajemen persediaan yang sangat cocok untuk UMKM berbasis website di era society 5.0. Pada penelitian ini yang pertama kali dilakukan adalah dengan melakukan observasi dan identifikasi kebutuhan sistem manajemen persediaan bagi UMKM dalam kegiatan operasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil observasi lapangan dan data kuesioner, saat ini beberapa UMKM belum menggunakan bantuan teknologi digital.
Downloads
Article Details
Bodnar, G. H., & Hopwood, W. S. (2013). Accounting Information Systems. 11th edition (- ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.
Davis, G. B., & Olson, M. H. (1985). Management Information Systems: Conceptual Foundations, Structure, And Development: Mcgraw-Hill. Hariyanto, S. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Publiciana, 9(1), 80-85.
Jogiyanto, H. M. (2017). Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis): Penerbit Andi.
Kristanto, A. (2018). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya (Ed. revisi., Cet. 1 ed.). Yogyakarta: Gava media.
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2020). Management information systems: Managing the digital firm: Pearson Educación.
Lutfiana, L., & Puspitosari, I. (2020). Analisis Manajemen Persediaan Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Jazid Bastomi Batik Di Purworejo. 2020, 4(1), 55–66.
McLeod, J. R. (2010). Management Information System. Prentice Hall.
Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2018). Accounting Information Systems, 14th Edition: Pearson Education Limited. Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran.
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metode Penelitian Kualitatif dan Grounded Theory.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Sandra, A. B., Widiastuti, R. Y., & Setyawati, E. (2022). Implementasi Sistem Informasi Pencatatan Transaksi Peminjaman Berbasis Web Pada KSP AKBP Purbalingga. Jurnal Surya Informatika: Membangun Informasi dan Profesionalisme, 30-38.
Widiastuti, R. Y., Wibowo, A., & Widyatmoko, R. N. (2022). Rancang Bangun Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Website Untuk STIKOM Yos Sudarso. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 195-202.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.