Perancangan Sistem Informasi Reservasi Service Mobil Daihatsu dan Toyota Berbasis Website pada Liean Motors
Main Article Content
Abstract
Bengkel Liean Motors merupakan bengkel yang melayani service mobil dan terletak di Bekasi, Jawa Barat. Saat ini bengkel tersebut masih menggunakan cara konvensional dalam sistem reservasi service-nya, yaitu dengan menghubungi langsung nomor kontak bengkel Liean Motors maupun datang langsung. Proses bisnis yang dilakukan dari mulai pendaftaran hingga motor selesai di service semua masih dilakukan secara manual, belum ada sentuhan teknologi yang dapat mempermudah reservasinya. Karyawan juga masih mencatat data reservasi pelanggan menggunakan buku sehingga beresiko buku hilang atau rusak dan kesalahan dalam pencatatan dapat terjadi. Meskipun belum lama berdiri, namun bengkel ini sering ramai pelanggan sehingga terjadi antrian yang panjang. Untuk dapat mempermudah pelanggan bengkel Liean Motors dalam melakukan reservasi service mobil, maka penulis mengusulkan untuk membuat sistem informasi reservasi secara online dikembangkan dengan model Hill Climbing Search. Sistem ini menggunakan PHP, Framework CodeIgniter, serta basis data MySQL. Dengan adanya sistem ini maka dapat reservasi yang hilang, rusak, maupun terdapat kesalahan dapat diminimalisir, pelanggan dapat melakukan reservasi secara online dan terbukti membantu bengkel dalam mengatasi terjadinya antarian panjang.
Downloads
Article Details
Fatmawati, Fatmawati, and Jajat Munajat. 2018. “Implementasi Model Hill Climbing Search Pada Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web (Studi Kasus: PT.Pamindo Tiga T).” Jurnal Media Informatika Budidarma 2(2):1–9.
Kurniawan, Adi Surya, and Eka Prasetyaningrum. 2019. “Sistem Informasi Booking Service Pada Cv. Dwi Jaya Otomotif Sampit.” Jurnal Penelitian Dosen … 10(2).
Mukminin, Amirul, and Rizal Rachman. 2019. “Reservasi Destinasi Wisata Menggunakan Algolia Search Pada Bandung Trans Service Berbasis Web.” Jurnal Responsif 1(1):70–76.
Situmulang, Zakarias, and Jupri Manungkalit. 2020. “Perancangan Pemesanan Jasa Bengkel Mobil Kota Medan Berbasis Web Menggunakan Metode Hill Climbing Search.” KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer 02.
Sudrajat, Budi. 2018. “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Fashion Berbasis WEB.” Jurnal Interkom 13(3):22–28.
Supriatna, Ahmad, and Anita Ratnasari. 2019. “Analisa Dan Perancangan Sistem Infromasi Servis Mobil Dan Penyediaan Mekanik Pada Sony Otomotif.” Jukomika - (Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika) 2(6):223–31.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Sandra, A. B., Widiastuti, R. Y., & Setyawati, E. (2022). Implementasi Sistem Informasi Pencatatan Transaksi Peminjaman Berbasis Web Pada KSP AKBP Purbalingga. Jurnal Surya Informatika: Membangun Informasi dan Profesionalisme, 30-38.
Widiastuti, R. Y., Wibowo, A., & Widyatmoko, R. N. (2022). Rancang Bangun Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Website Untuk STIKOM Yos Sudarso. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 195-202.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.