Implementasi Telegram Bot untuk Proses Automatisasi Rekapan Data Menggunakan Metode Webhook Studi Kasus Kopegtel Mliwis Bojonegoro
Main Article Content
Abstract
Kopegtel Mliwis Bojonegoro merupakan salah satu mitra perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia yang bergerak aktif dibidang jaringan telekomunikasi. Kopegtel Mliwis Bojonegoro memanfaatkan aplikasi telegram messenger untuk sarana bertukar informasi antar pribadi maupun grub salah satunya yaitu untuk perekapan data order pasang sambung jaringan pelanggan. Perekapan data order pasang sambung jaringan pelanggan adalah salah satu pekerjaan dari petugas staff kantor Kopegtel yang bertugas menginputkan data order pelanggan kedalam sistem, dimana setiap pekerjaan yang telah diselesaikan oleh seorang teknisi dalam pemasangan sambung baru jaringan akan dikirim kedalam grub tertentu pada telegram messenger. Maka dari itu penulis mencoba menawarkan bagaimana memanfaatkan aplikasi Telegram dengan memanfaatkan Telegram Bot API dengan menggunakan metode webhook. Pada pengembangan sistem yang penulis tawarkan, penulis menggunakan pendekatan metode SDLC (Systems Development Life Cycle). Dimana terdapat 5 tahapan dalam pengembangannya: Analisys, Design, Implementation, Enforcement, Enhancement. Dengan tujuan membuat sebuah laporan informasi mengenai data dari pelanggan yang sudah melakukan pemasangan layanan jaringan yang telah live dengan cepat tanpa harus menginputkan data satu per satu. Dari hasil pengujian, Bot Telegram telah berjalan sesuai dengan perancangan.
Downloads
Article Details
Apriani, D., Aan, M., & Saputra, W. E. (2022). Data Visualization Using Google Data Studio. International Journal of Cyber and IT Service Management, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.34306/ijcitsm.v2i1.68
Aris Widya, M. A., & Airlangga, P. (2020). Pengembangan Telegram Bot Engine Menggunakan Metode Webhook Dalam Rangka Peningkatan Waktu Layanan E-Government. Saintekbu, 12(2), 13–22. https://doi.org/10.32764/saintekbu.v12i2.884
Bot, C., Server, O., Using, R., & Bots, T. (1978). Rancang Bangun Chat Bot Pada Server Pulsa Mengunakan Telegram Bot API. x, 80–88.
Chaniago, M. B., & Junaidi, A. (2019). Student presence using RFID and telegram messenger application: A study in SMK unggulan terpadu pgii bandung, indonesia. International Journal of Higher Education, 8(3), 94–102. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n3p94
Cokrojoyo, A., Andjarwirawan, J., & Noertjahyana, A. (2017). Pembuatan Bot Telegram Untuk Mengambil Informasi dan Jadwal Film Menggunakan PHP. Jurnal Infra, 5(1), 224–227, Program Studi Teknik Informatika Fakultas.
Istiana, T., Dharmawan, G. S. B., Prakoso, B., Komunikasi, P. J., & Author, C. (2020). Pengembangan Sistem Diseminasi Prakiraan Cuaca Menggunakan Aplikasi Bot Telegram dengan Metode Webhook. 12(April).
Kusuma, A. D. (2019). Penggunaan Telegram Bot Pada Telegram Messenger Dengan Metode Webhooks Untuk Sistem Peminjaman Infrastruktur Di Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. 1–72.
Maulana. Cecep, Suparmadi, Suparmadi, Siddik, M. (2021). Making Online Exams Through the Whatsapp Auto Application. J-IbM: Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 1(2), 56–65.
Mulyanto, A. D. (2020). Pemanfaatan Bot Telegram Untuk Media Informasi Penelitian. Matics, 12(1), 49. https://doi.org/10.18860/mat.v12i1.8847
Parlika, R., & Pratama, A. (2020). The Online Test application uses Telegram Bots Version 1.0. Journal of Physics: Conference Series, 1569(2), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/2/022042
Reynaldi, M., Al Khairi, S., Geraldi Hendarman, N., & Nugroho, F. I. (2020). Sistem Informasi Berbasis Bot Telegram Sebagai Media Sosialisasi Keselamatan Berkendara. Journal of Software Engineering, Information and Communication Technology, 1(1), 27–32.
Sutikno, T., Handayani, L., Stiawan, D., Riyadi, M. A., & Subroto, I. M. I. (2016). WhatsApp, viber and telegram: Which is the best for instant messaging? International Journal of Electrical and Computer Engineering, 6(3), 909–914. https://doi.org/10.11591/ijece.v6i3.10271
Yuliza. (2018). Detektor Keamanan Rumah Melalui Telegram Messeger. Teknologi Elektro, Universitas Mercu Buana, 9(1), 27–33.
Zubaidi, A., & Ramdani, R. (2019). Layanan Dan Informasi Akademik Berbasis Bot Telegram Di Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram. Jurnal Teknologi Informasi, Komputer, Dan Aplikasinya (JTIKA ), 1(1), 103–110. https://doi.org/10.29303/jtika.v1i1.27.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Sandra, A. B., Widiastuti, R. Y., & Setyawati, E. (2022). Implementasi Sistem Informasi Pencatatan Transaksi Peminjaman Berbasis Web Pada KSP AKBP Purbalingga. Jurnal Surya Informatika: Membangun Informasi dan Profesionalisme, 30-38.
Widiastuti, R. Y., Wibowo, A., & Widyatmoko, R. N. (2022). Rancang Bangun Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Website Untuk STIKOM Yos Sudarso. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 195-202.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.