Main Article Content

Khoirunnisa Fajriati
Ani Yoraeni

Abstract

UMKM Family Catering merupakan perusahaan kuliner yang  menjual hidangan ala carte. Berdasarkan hasil wawancara, hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran dan penjualan selama ini hanya menggunakan media sosial. Tidak jarang berbagai masalah muncul di aktifitas bisnis tersebut, seperti persepsi kurangnya cakupan pasar, seringnya hambatan komunikasi, dan pengiriman yang kurang efisien. Oleh karena itu, UMKM juga membutuhkan informasi tentang karakteristik pelanggan agar dapat memilih pendekatan yang telah dijelaskan, diperlukan solusi untuk merancang desain antarmuka menggunakan metode Design Thinking, mengumpulkan atribut pengguna menggunakan tool user persona, dan melakukan pengujian menggunakan usability testing. Pengujian dilakukan dengan menggunakan usability testing, dimana setiap responden diberikan skenario pengguna untuk dijalankan dan diselesaikan pada prototype yang akan dipresentasikan. Hasil pengujian prototype menunjukkan bahwa responden dapat menyelesaikan semua scenario pengguna sebesar 100% pada iterasi pertama. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa desain yang diajukan sangat baik dan memenuhi kebutuhan bisnis serta dapat diterima oleh calon pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
P. Studi, “Perancangan UI UX Aplikasi Penjualan Pada UMKM Kebun Edamame Banyuwangi Dengan Metode Design Thinking Tugas Akhir”.
A. Wahyudi, “SLDC,” J. Din. Inform., Vol. 4, No. 2, Pp. 1–11, 2018.
E. C. Shirvanadi, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning AMIKOM Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: AMIKOM Center),” 2021.
K. H. Lim And N. Setiyawati, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Majulimenggunakan Metode Design Thinking,” J. Inf. Technol. Ampera, Vol. 3, No. 2, Pp. 108–123, 2022, Doi: 10.51519/Journalita.Volume3.Isssue2.Year2022.Page108-123.
F. Nurhayati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web Studi Kasus Di PT. Infinetworks Global Jakarta,” Sisfotek Glob., Vol. 4, No. 2, Pp. 2–5, 2018.
F. A. Firdausi, “Marketplace Umkm Digidesa Menggunakan Metode Design Thinking,” 2021.
N. Lais, R. Chandra, M. Hamdandi, F. Bachtiar, D. A. Sastika, And M. R. Pribadi, “Perancangan UI UX Pada Aplikasi Bapakkost Dengan Metode Design Thinking,” In MDP Student Conference, 2022, Vol. 1, No. 1, Pp. 392–397.
A. K. Rianingtyas, “Perancangan Aplikasi Mobile Sebagai Media Promosi Digital Untuk Tour Dan Travel Skala Umkm Studi Kasus: Provinsi Bali.” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.
S. V. K. Erwi, F. Feriyanto, F. Fernando, Y. F. M. Chandra, And M. Rizkypribadi, “Perancangan UI/UX Pada Aplikasi V&F Menggunakan Metode Design Thinking,” In MDP Student Conference, 2022, Vol. 1, No. 1, Pp. 361–368.
B. Kurniawan And M. Romzi, “Perancangan UI/UX Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma,” Jsim J. Sist. Inf. Mahakarya, Vol. 5, No. 1, Pp. 1–7, 2022.
D. A. Rusanty, H. Tolle, And L. Fanani, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput. E-Issn, Vol. 2548, P. 964x, 2019.
I. Teknologi, K. Angelina, E. Sutomo, And V. Nurcahyawati, “Jurnal Desain UI UX Aplikasi Penjualan Dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis Menggunakan Pendekatan Design Thinking Using Design Thinking Approach,” Vol. 5, Pp. 70–78, 2023.
M. A. Fahrezi, K. G. S. M. A. Yazid, I. L. Laksono, F. Sa’adat, And M. R. Pribadi, “Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Daily Trade Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” In MDP Student Conference, 2022, Vol. 1, No. 1, Pp. 279–283.
F. Jatmiko, “Perancangan UI/UX Berbasis Android Untuk Proses Bisnis Sapuangin Kopi Basecamp Merapi Dengan Menggunakan Metode Design Thinking.” Universitas Islam Indonesia, 2022.
A. N. Farika, “TA: Perancangan UI/UX Aplikasi Info PDAM Delta Tirta Sidoarjo Dalam Meningkatkan Kemudahan Pelayanan Bagi Pelanggan.” Universitas Dinamika, 2022.
M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, And A. Sevtiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, Vol. 10, No. 2, Pp. 208–219, 2020.
A. A. Razi, I. R. Mutiaz, And P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,” Desain Komun. Vis. Manaj. Desain Dan Periklanan, Vol. 3, No. 02, P. 219, Sep. 2018, Doi: 10.25124/Demandia.V3i02.1549.
M. Azmi, A. P. Kharisma, And M. A. Akbar, “Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online Dengan Metode Design Thingking.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Syardiansah, S., Latief, A., Ramadansyah, J., Wijoyo, H., Prayudi, A., Sisiawan Putra, R., & Musnaini, M. (2021). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance.
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. resmilitaris, 12(5), 471-484.