Analisis Segmentasi Berdasarkan Manfaat pada Nasabah Bank Syariah di Kota Pekanbaru

  • Ainun Mardiah UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmen nasabah pada Bank Syariah berdasarkan manfaat. Rumusan permasalahan adalah bagaimanakah segmen nasabah pada Bank Syariah berdasarkan manfaat. Populasi adalah seluruh nasabah Bank Syariah. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling method. Variabel penelitian adalah segmentasi manfaat berdasarkan produk, harga, pelayanan, manfaat produk, promosi, dan kecepatan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis cluster (cluster analysis) dan dilanjutkan dengan tahap kedua yaitu analisis regresi linier berganda (multiple linier regression analysis). Berdasarkan hasil analisis cluster, ditemukan bahwa terdapat dua segmen nasabah pada Bank Syariah berdasarkan manfaat yaitu segmen produk (Cluster I) dan segmen harga harga, pelayanan, manfaat produk, promosi dan kecepatan (Cluster II).

Diterbitkan
2015-11-15
Cara Mengutip
MARDIAH, Ainun. Analisis Segmentasi Berdasarkan Manfaat pada Nasabah Bank Syariah di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 1392-1398, nov. 2015. ISSN 2598-9715. Tersedia pada: <https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/60>. Tanggal Akses: 02 apr. 2020
Bagian
Articles