Main Article Content

Mawaddah Maulidiyah Wandasari
Aryo Nugroho

Abstract

Keberadaan tripadvisor telah banyak digunakan masyarakat luas untuk mencari rekomendasii restoran terbaik. Salah satu rekomendasi restoran terbaik adalah Restoran Ayam Bakar Primarasa Surabaya. Restoran  yang memiliki pelayanan yang baik dan makanan dengan rasa yang lezat dan harga yang terjangkau. Sehingga tidak sedikit wisatawan yang sering mengunjungi restoran tersebut. Oleh karena itu penilitian ini mencoba untuk menganalisis Restoran Ayam Bakar Primarasa Surabaya dengan menggunakan metode K Nearest Neighbor  melalui ulasan  negatif dan positif yang ada di Tripadvisor.  Pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahap, Tahap pertama crawling data ulasan dengan jumlah data 1124 setelah itu dilakukan pre-processing yang terdiri dari proses case folding, cleansing, tokenizing, dan stopwordl.  Pada tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pembobotan kata menggunakan metode TF-IDF. Hasil TF-IDF akan ditampilkan dalam bentuk word cloud


Selanjutnya, metode K Nearest Neighbor akan digunakan untuk melakukan klasifikasi menggunakan beberapa kombinasi percentage split dan juga cross validation. Hasil penelitian menunjukkan akurasi model KNN didapatkan akurasi tertinggi pada dataset ketetanggaan 3 (k=3) dengan menghasikan akurasi terbaik sebesar 98%. Selain itu didapatkan akurasi terbaik dari percentage split 60% dan 80% dengan hasil akurasi 95%. Dan dilakukan juga pengujian dengan menggunakan cross validation dengan hasil akurasi terbaik pada Kfold 2 dan 5 dengan nilai akurasi 95,55%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
B. B. Baskoro, I. Susanto, and S. Khomsah, “Analisis Sentimen Pelanggan Hotel di Purwokerto Menggunakan Metode Random Forest dan TF-IDF (Studi Kasus: Ulasan Pelanggan Pada Situs Tripadvisor),” 2021.
STIE PGRI Dewantara Jombang and N. Purwanto, “The Importance Of Store Environment To Customer Satisfaction And Customer Loyalty Of Family Restaurant In Indonesia,” J. Econ. Finance Manag. Stud., vol. 05, no. 03, Mar. 2022, doi: 10.47191/jefms/v5-i3-32.
S. Ernawati and R. Wati, “Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbors Pada Analisis Sentimen Review Agen Travel,” no. 1, p. 6, 2018.
R. Sari, “Analisis Sentimen Pada Review Objek Wisata Dunia Fantasi Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor (K-Nn),” Evolusi J. Sains Dan Manaj., vol. 8, no. 1, Mar. 2020, doi: 10.31294/evolusi.v8i1.7371.
A. D. Adhi Putra, “Analisis Sentimen pada Ulasan pengguna Aplikasi Bibit Dan Bareksa dengan Algoritma KNN,” Jatisi J. Tek. Inform. Dan Sist. Inf., vol. 8, no. 2, pp. 636–646, Jun. 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i2.962.
E. B. Santoso and A. Nugroho, “Analisis Sentimen Calon Presiden Indonesia 2019 Berdasarkan Komentar Publik di Facebook,” vol. 9, no. 1, p. 10, 2019.
B. Gunawan, H. S. Pratiwi, and E. E. Pratama, “Sistem Analisis Sentimen pada Ulasan Produk Menggunakan Metode Naive Bayes,” J. Edukasi Dan Penelit. Inform. Jepin, vol. 4, no. 2, p. 113, Dec. 2018, doi: 10.26418/jp.v4i2.27526.
U. Khaira, R. Johanda, P. E. P. Utomo, and T. Suratno, “Sentiment Analysis Of Cyberbullying On Twitter Using SentiStrength,” Indones. J. Artif. Intell. Data Min., vol. 3, no. 1, p. 21, May 2020, doi: 10.24014/ijaidm.v3i1.9145.
A. M. Zuhdi, E. Utami, and S. Raharjo, “Analisis Sentiment Twitter Terhadap Capres Indonesia 2019 Dengan Metode K-Nn,” vol. 5, p. 7, 2019.
C. H. Yutika, A. Adiwijaya, and S. A. Faraby, “Analisis Sentimen Berbasis Aspek pada Review Female Daily Menggunakan TF-IDF dan Naïve Bayes,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 2, p. 422, Apr. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i2.2845.
Z. P. Putra and A. Nugroho, “Pebandingan Performa Naïve Bayes dan KNN pada Klasifikasi Teks Sentimen Jasa Ekspedisi,” JOINTECS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 6, no. 3, p. 145, Sep. 2021, doi: 10.31328/jointecs.v6i3.2635.
A. Moldagulova and R. Bte. Sulaiman, “Using KNN Algorithm For Classification Of Textual Documents,” in 2017 8th International Conference on Information Technology (ICIT), Amman, Jordan, May 2017, pp. 665–671. doi: 10.1109/ICITECH.2017.8079924.
A. R. Isnain, J. Supriyanto, and M. P. Kharisma, “Implementation of K-Nearest Neighbor (K-NN) Algorithm For Public Sentiment Analysis of Online Learning,” IJCCS Indones. J. Comput. Cybern. Syst., vol. 15, no. 2, p. 121, Apr. 2021, doi: 10.22146/ijccs.65176.
J. A. Septian, T. M. Fachrudin, and A. Nugroho, “Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Polemik Persepakbolaan Indonesia Menggunakan Pembobotan TF-IDF dan K-Nearest Neighbor,” J. Intell. Syst. Comput., vol. 1, no. 1, pp. 43–49, Aug. 2019, doi: 10.52985/insyst.v1i1.36.
Y. S. Ong, E. Lewis, I. Grout, and W. Mohammed, “Results Classification In An RGB LED Based Optical Fiber Sensor System Using Python,” in 2018 15th International Conference on Electrical Engineering/Electronics, Computer, Telecommunications and Information Technology (ECTI-CON), Chiang Rai, Thailand, Jul. 2018, pp. 33–36. doi: 10.1109/ECTICon.2018.8619985.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Syardiansah, S., Latief, A., Ramadansyah, J., Wijoyo, H., Prayudi, A., Sisiawan Putra, R., & Musnaini, M. (2021). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance.
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. resmilitaris, 12(5), 471-484.