Main Article Content

Diyah Anggraini
Made Kamisutara
Achmad Muchayan

Abstract

Suroboyo bus adalah layanan transportasi umum di Surabaya, layanan ini ada sejak tahun 2018, dan memberikan layanan informasi melalui aplikasi mobile yaitu aplikasi GOBIS Suroboyo Bus untuk memudahkan mengakses informasi bagi pengguna maupun calon pengguna apabila ingin menaiki Suroboyo Bus. Dengan tujuan untuk memantau pergerakan dan mengetahui jadwal kedatangan Suroboyo Bus. Aplikasi ini dikembangkan oleh dinas perhubungan kota Surabaya pada tahun 2018 dan sudah diunduh lebih dari 100.000 lebih pengguna. Namun demikian, masih tetap ditemukan keluhan pengguna pada halaman review aplikasi, pengguna mengeluhkan beberapa fitur yang kurang sehingga mempersulit pencarian, informasi kurang lengkap serta tampilan antarmuka yang kurang nyaman digunakan. Hal tersebut menjadi acuan penulis dalam mengevaluasi tingkat usability aplikasi GOBIS menggunakan metode heuristic evaluation. Evaluasi menggunakan metode heuristic diukur dengan 10 aspek heuristic. Pengujian dilakukan penelitian sebanyak 2 tahap evaluasi, yang mana hasil evaluasi akan dibandingkan. Setelah dilakukan penelitian sebanyak 2 kali evaluasi, aspek – aspek heuristic yang sebelumnya, ditemukan masalah menjadi lebih berkurang dan lebih baik pada hasil perbandingan kedua pengujian usability aplikasi GOBIS Suroboyo Bus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
A., Syarief Abdallah Umar, and Roro Isyawati Permata Ganggi. 2019. “Evaluasi Desain User Interface Berdasarkan User Experience Pada IJateng.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 8 (4): 11–21.
Anugrah, Muhamad Noval, Bondan Dwi Hatmoko, and Vickry Ramdhan. 2022. “Aplikasi Sistem Informasi Pemesanan Catering Pada Maya Catering Berbasis Java.” Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) 3 (01): 188–95. https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.5491.
Dewi, Shinta Kurnia, and Agus Sudaryanto. 2020. “Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap Dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah.” Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP) 2020, 73–79.
Fajriati, Dian Indah, and Egia rosi Subhiyakto. 2021. “Perancangan Mockup User Interface (Ui) Berdasarkan User Experience (Ux) Aplikasi Belajar Bahasa Arab Menggunakan Metode User Centered Design.” Jurnal Teknik Informatika 14 (2): 115–24. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/jti.v14i2.21704.
Gunarso, Lidwina Andrea. 2022. “User Experience Sebagai Variabel Intervening Dalam Purchase Decision Making Model Pengguna Sistem Informasi Penjualan E-Commerce Grup Go-To Selama Pandemi Covid-19.” Business Management Analysis Journal (BMAJ) 5 (2): 189–209. https://doi.org/10.24176/bmaj.v5i2.7905.
Hadi, Kevin Ryan, Hanifah Muslimah Az-Zahra, and Lutfi Fanani. 2018. “Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 2 (9): 2742–50. http://j-ptiik.ub.ac.id.
Jacob, Nielsen, and Molich Rolf. 1990. “Heuristic Evaluation of User Interface.” Association for Computing Machinery, 249–56. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/97243.97281.
Kadek, Ni, Mustika Dian, Oka Sudana, and Sunia Raharja. 2022. “Analisa Aspek Usability Pada Sistem Informasi Tari Dalam Sistem Informasi Upacara Yadnya Terintegrasi” 3 (2).
Kamaria, Amrin. 2021. “Implementasi Kebjikan Penataan Dan Mutasi Guru Pegewai Negeri Sipil Di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Utara.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7 (3): 82–96. https://doi.org/10.5281/zenodo.4970644.
Naim, Rana Wijdan, Hadziq Fabroyir, and Rizky Januar Akbar. 2021. “Desain Dan Evaluasi Antarmuka Pengguna Aplikasi Web Responsif MyITS Marketplace Berdasarkan Design Thinking.” Jurnal Teknik ITS 10 (2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v10i2.64072.
Nielsen, Jakob. 2020. “10 Usability Heuristics for User Interface Design.” Nielsen Norman Group. 2020. https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/.
Rahimsyah, M L, A N Hayati, and Rahmi Nurul Arapah. 2021. “Analisis Terhadap Aplikasi Whatsapp Dan Line Menggunakan Metode Usability Dalam Teknologi Komunikasi.” JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama) 5 (2): 321–26. http://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/603.
Resa, Resa, and Kiky Rizky Nova Wardani. 2022. “User Interface Dan User Experience Website Bpkad Provinsi Sumatera Selatan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation.” ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi 4 (2): 88–99. https://doi.org/10.31849/zn.v4i2.10972.
Soedewi, Sri, Wirania Swasty, Arry Mustikawan, and Fariha Eridani Naufalina. 2021. “Information Architecture Pada Aplikasi E-Commerce (Studi Komparasi Aplikasi Shopee Dan Tokopedia).” Jurnal Bahasa Rupa 5 (1): 22–34. https://bit.ly/jurnalbahasarupa.
Sulistyo, Eryana Wahyu, and Sofa Sofiana. 2022. “Perancangan Desain User Interface/User Experience Web Layanan Informasi Kamus Dengan Metode Lean User Experience (Lean UX) Pada Universitas Pamulang.” BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu 1 (03): 357–68.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Syardiansah, S., Latief, A., Ramadansyah, J., Wijoyo, H., Prayudi, A., Sisiawan Putra, R., & Musnaini, M. (2021). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance.
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. resmilitaris, 12(5), 471-484.