Main Article Content

Icha Ilfany Hidayat
Made Kamisutara
Achmad Muchayan

Abstract

Bagi sebagian kalangan yang tidak memiliki masalah finansial, cara yang praktis adalah dengan membawa komputer atau laptop mereka ke penyedia jasa perbaikan komputer atau laptop, namun bagi sebagian orang biaya servis dirasa cukup mahal. Atas latar belakang inilah penelitian ini dibuat dengan tujuan agar orang awam dapat mengetahui kerusakan komputer dengan mudah tanpa harus keluar rumah serta memberikan diagnosa awal dan dapat memperbaiki kerusakan yang sederhana kecuali jika memang kerusakannya parah. Pada teknologi informasi dan komunikasi terdapat sistem pakar. Sistem pakar merupakan sistem yang dapat digunakan untuk memberikan sebuah keputusan dari para ahli dalam mendiagnosis masalah atau memberikan solusi terhadap masalah tertentu di suatu bidang yang spesifik. Istilah Chatbot sendiri merujuk pada Bot yang khusus berjalan pada aplikasi perpesanan yang dapat diintegrasikan dengan sistem-sistem eksternal. Aplikasi perpesanan yang dimaksud merupakan Line, Whatsapp, Telegram dan Facebook Messenger sedangkan sistem-sistem eksternal yang dimaksud salah satunya adalah Dialogflow.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
A. S. Rangga, S. F. S. Gumilang, and A. Syahrina, “Perancangan Line Bot Layanan Pesan Antar Warung Makan ‘Dikampus’ Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus Layanan Pesan Antar Makanan Untuk Wilayah Kampus Universitas Telkom),” e-Proceeding Eng., vol. 6, no. 2, pp. 8223–8231, 2019.
D. Korotaeva, M. Khlopotov, A. Makarenkova, E. Chikshova, N. A. Startseva, and A. Chernysheva, “Botanicum: a Telegram Bot for Tree Classification,” 2018 22nd Conf. Open Innov. Assoc., pp. 88–93, 2018.
Muhajjirsyah, Mursyidah, and Jamilah, “Pembuatan Chatbot Bahasa Aceh Menggunakan Artificial Intelligence Markup Language,” J. Infomedia Tek. Inform. Multimedia, dan Jar., vol. 4, no. 1, pp. 42–49, 2019.
Pamungkas, “Sistem Basis Data Merupakan Basis Data Dengan Para Pemakai Yang Menggunakan Basis Data Secara Bersama-Sama, Personil Yang Merancang Dan Mengelola,” Suparyanto dan Rosad (2015, vol. 6, no. 3, pp. 248–253, 2018.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Syardiansah, S., Latief, A., Ramadansyah, J., Wijoyo, H., Prayudi, A., Sisiawan Putra, R., & Musnaini, M. (2021). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance.
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. resmilitaris, 12(5), 471-484.