UI/UX Interaction Mobile (Android) pada Game Petualangan Menggunakan Metode ADDIE
Main Article Content
Abstract
UI atau User Interface adalah tampilan yang ditujukan kepada pengguna berupa penataan layout, tombol, warna dan tulisan. Sedangkan UX atau User Experience adalah pengalaman atau perasaan pengguna saat menggunakan produk digital. Saat membuat User Interface dan User Experience tidak hanya memperbagus tampilan visual game tapi juga harus mudah dan nyaman dalam penggunaan. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) untuk menganalisa kebutuhan yang digunakan, perancangan tombol yang diperlukan, pengembangan sistem, penataan tampilan/tata letak, pengimplementasian pada sistem dan evaluasi untuk mengetahui kelayakan komponen User Interface, serta tampilan atau tata letak komponen yang sesuai dengan User Experience pada game petualangan.
Downloads
Article Details
Arnada, E. Z., & Putra, R. W. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Idealis, 1(5), 393–400.
Harjanta, A. T. J., & Herlambang, B. A. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android Dengan Model ADDIE. Jurnal Transformatika, 16(1), 91. https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894
Hendriyani, M., Saputra, A. D., & Herlambang, F. (2022). Pengaruh Unreal Engine Dalam Perkembangan Dunia Game. Jeis: Jurnal Elektro Dan Informatika Swadharma, 2(2), 55–69. https://doi.org/10.56486/jeis.vol2no2.226
Lubis, B. S., Sari, S. P., Siregar, E. F. S., & Batubara, I. H. (2022). Pemanfaatan Adobe Illustrator (AI) Sebagai Aplikasi Desain Bahan Ajar Berbasis Komik. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 624. https://doi.org/10.30651/aks.v6i4.9851
Nunung Dwi Supriyono,Abdul Aziz, W. H. (2019). Analisis User Interface Dan User Experience Pada Game Perang Komando Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2, 95–101.
Prasetyo, D., Kusumo, N., Nita, S., Madiun, U. P., Adventure, G., & Mada, T. G. (2019). Perancangan Game Android Adventure Gajah Mada dengan Metode Agile Development. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 67–70. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/116
Putri, A. N. (2016). Optimasialghoritma Breadth First Searchpada Game Engine3dthirdperson Shootermazeberbasis Agen Cerdas Android. 14, 50–55.
Sandy, T. A., & Hidayat, W. N. (2019). Game Mobile Learning. In Game Mobile Learning. Ahlimedia Book, 2019. https://doi.org/10.47387/ahlibook.1
Wibawanto, W., & Nugrahani, R. (2017). Desain Antarmuka (User Interface) Pada Game Edukasi. Jurnal Imajinasi, XI(1), 9–18.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Syardiansah, S., Latief, A., Ramadansyah, J., Wijoyo, H., Prayudi, A., Sisiawan Putra, R., & Musnaini, M. (2021). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance.
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. resmilitaris, 12(5), 471-484.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.