Main Article Content

Muchammad Majid Abdurrachman
Lukman Junaedi
Achmad Muchayan

Abstract

Mobil adalah salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat dan ini berlaku untuk masyarakat ekonomi menengah keatas. Pembelian mobil bekas seringkali menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin menghemat biaya, namun seringkali terdapat pengalaman pembeli yang tidak sesuai dengan keinginannya. Beberapa faktor yang seringkali menjadi masalah bagi pembeli mobil bekas adalah kondisi mobil yang buruk, riwayat perawatan mobil yang tidak jelas, dan kurangnya informasi tentang harga pasaran mobil bekas yang sejenis. Oleh karena itu terciptanya penelitian riset ini bermaksud untuk mempermudah konsumen untuk mengambil keputusan pembelian mobil baru ataupun mobil bekas terutama di wilayah Surabaya, Jawa Timur dengan metode Analytical Hierarchy Process  (AHP) digunakan dalam Sistem Pendukung Keputusan berbasis website kali ini dan dalam pengembangannya dengan memperhatikan 8 kriteria yaitu tahun pembuatan, kapasitas mesin, warna mobil, harga beli, kepemilikan awal, jarak tempuh, servis berkala dan kondisi bodi. Tujuan dari Sistem Pendukung Keputusan ini adalah untuk membantu pengambilan keputusan dengan menggunakan alternatif-alternatif yang berasal dari hasil pengolahan data, informasi, dan hasil desain model.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Mahendra and P. K. Putri, “Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Rumah Di Kota Tangerang,” J. Teknoinfo, vol. 13, no. 1, p. 36, 2019, doi: 10.33365/jti.v13i1.238.
Ahmad, R. I. Borman, J. Fakhrurozi, and G. G. Caksana, “Software Development Dengan Extreme Programming (XP) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android,” INOVTEK Polbeng-Seri Inform., vol. 5, no. 2, pp. 297–307, 2020.
A. Irawan, R. Rohaniah, H. Sulistiani, and A. T. Priandika, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Tempat Servis Komputer di Kota Bandar Lampung Menggunakan Metode AHP,” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 1, p. 30, 2019, doi: 10.33365/jtk.v13i1.267.
N. Wulandari, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier di PT. Alfindo Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 4–7, 2017, doi: 10.30656/jsii.v1i0.72.
Syaifullah, “Pengenalan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process),” Wordpress, pp. 1–11, 2010.
T. L. Saaty, “Decision Making With The Analytic Hierarchy Process”, 2008
N. K. Dewi and A. S. Putra, “Economic-Looking At The Implication And Solutions In The Time Of Pandemic Through Social, Economic, Educational, Health, And Legal Points Of View And Perspectives Decision Support System For Head Of Warehouse Selection Recommendation Using Analytic Hierar,” Int. Conf. Univ. Pekalongan 2021, pp. 43–50, 2021.
J. Hutagalung, “Application of the AHP-TOPSIS Method to Determine the Feasibility of Fund Loans Penerapan Metode AHP TOPSIS untuk Menentukan Kelayakan Pinjaman Dana,” Jurnal_Pekommas, vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2021, doi: 10.30818/jpkm.2021.2060101.
R. Hermawan, M. T. Habibie, D. Sutrisno, A. S. Putra, and N. Aisyah, “Decision Support System For The Best Employee Selection Recommendation Using Ahp (Analytic Hierarchy Process) Method,” Int. J. Educ. Res. Soc. Sci., pp. 1218–1226, 2022, [Online]. Available: https://ijersc.org
V. V. Sianipar, A. Wanto, and M. Safii, “Decision Support System for Determination of Village Fund Allocation Using AHP Method,” IJICS (International J. Informatics Comput. Sci., vol. 4, no. 1, p. 20, 2020, doi: 10.30865/ijics.v4i1.2101.
N. Aminudin et al., “The family hope program using AHP method,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 2.27 Special Issue 27, pp. 188–193, 2018, doi: 10.14419/ijet.v7i3.12.15917.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Syardiansah, S., Latief, A., Ramadansyah, J., Wijoyo, H., Prayudi, A., Sisiawan Putra, R., & Musnaini, M. (2021). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance.
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. resmilitaris, 12(5), 471-484.