Main Article Content

Muhammad Abiansyah Akbar Firdaus
Mochamad Mizanul Achlaq

Abstract

Pemahaman tentang literasi keuangan digital di Indonesia semakin meningkat seiring perkembangnya teknologi saat ini. Menurut data statistik yang dirilis oleh Bank Indonesia pada periode tahun 2021 hingga 2022 menunjukkan kenaikan yang signifikan sebesar 17%. Tingkat pemahaman literasi keuangan digital menunjukkan perubahan sikap sehingga masyarakat dapat menikmati berbagai layanan dan jasa keuangan yang sesuai dengan kondisi keuangannya dan tentu hal ini dapat memberikan dampak yang baik agar masyarakat terhindar dari masalah keuangan yang tidak jelas dan mampu memaksimalkan penggunaan keuangannya. Tentu dalam menunjang kebutuhan layanan dan jasa keuangan menggunakan layanan aplikasi yang perlu diperhatikan kemudahan dan kenyamanan pengguna. Penelitian ini bertujuan merancang desain aplikasi perencanaan keuangan berbasis mobile menggunakan metode five planes serta melakukan pengujian menggunakan metode cognitive walkthrough. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rancangan prototype memberikan pengalaman pengguna yang sangat baik dan kemudahan tanpa merubah tujuan utama yaitu kebutuhan pengguna dengan mendapatkan skor keseluruhan sebesar 87 poin dengan kriteria tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Dananjaya, M. W., Indrawan, G., & Sariyasa, S. (2022). Perancangan Tampilan Aplikasi Pembelajaran Pinandita dengan Metode Five Planes, Heuristic Evaluation, Concurrent Think Aloud, Serta Cognitive Walkthrough. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) vol. 9, no. 1, 93.
Garrett, J. J. (2011). The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond, Second Edition.
Kurnia, R. S., & Aziza, R. F. (2021). Desain User Interface Personal Asisten Keuangan Digital. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi vol. 10, no. 3, 502.
www.Bi.Go.Id. (2017). www.bi.go.id. Retrieved from www.bi.go.id: https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/sski/Default.aspx
www.oecd.org. (2020). www.oecd.org. Retrieved from www.oecd.org: https://www.oecd.org/financial/education/launchoftheoecdinfeglobalfinancialliteracysurveyreport.htm.
Haudi, H., Handayani, W., Musnaini, M., Suyoto, Y., Prasetio, T., Pitaloka, E., ... & Cahyon, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 961-972.
Wijoyo, H. The Role Of Employees Engagement And Self-Efficacy On Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H., Aseh, K., Kenny, K., & Pathmathan, P. R. (2020). Success Factors in Achieving Socio-Economic Development in Local Communities. Haudi, Aseh, K., Kenny, K. & Pathmathan, PR (2020). Success Factors in Achieving Socio-Economic Development in Local Communities. Archives of Business Research, 8(11), 101-118.
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. RES MILITARIS, 12(5), 471-484.
Rakhman, R. A., Widiastuti, R. Y., Legowo, N., & Kaburuan, E. M. (2019). Big data analytics implementation in banking industry–Case study cross selling activity in Indonesia’s Commercial bank. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(9), 1632-1643.
Suyudi, S., Setyawati, E., Widiastuti, R. Y., Hermanto, D. M. C., Lianawati, Y., & Wibowo, A. (2023). Digital workplace and SMEs performance: How the Mediating role of digital leadership capability?. International Journal of Social and Management Studies, 4(5), 53-61.