Analisis Kebutuhan Pengguna dan Peningkatan Usability pada Website Yesplis dengan Metode User Centered Design
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan usability website Yesplis melalui penerapan metode User Centered Design. Metode ini adalah sebuah pendekatan desain yang berpusat pada pengguna, di mana proses desain dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan dan perspektif pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah usability pada website Yesplis, memberikan solusi untuk meningkatkan usability tersebut, dan mengimplementasikan metode User Centered Design untuk mengumpulkan data dan menganalisis kebutuhan pengguna dalam pengembangan website Yesplis. Dalam penelitian ini, dilakukan evaluasi usability menggunakan System Usability Scale (SUS) pada website Yesplis. Hasil dari SUS menunjukkan bahwa Yesplis memiliki tingkat kepuasan yang moderat, dimana tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem Yesplis cenderung sedang atau rata-rata. Untuk meningkatkan tingkat kepuasan, disarankan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Selain itu, dilakukan pengujian prototype menggunakan tools Maze. design, yang menghasilkan usability score yang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian dan rumusan masalah, dapat disimpulkan bahwa rancangan ulang tampilan website Yesplis diterima dengan baik oleh calon pengguna. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata usability score keseluruhan skenario sebesar 90, menunjukkan bahwa rancangan ulang tampilan website Yesplis mudah dipahami dan dipelajari oleh calon pengguna.
Downloads
Article Details
Mastery, U. (2018). UX Techniques. https://uxmastery.com/resources/techniques/. [Accessed: 15-Jul-2023].
Saputri, I. S. Y., Fadli, M., & Surya, I. (2017). Implementasi E-Commerce Menggunakan Metode UCD (User Centered Design) Berbasis Web. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 6(2), 269–278.
Yesplis. (n.d.). Yesplis. Retrieved July 15, 2023, from https://yesplis.com/about. [Accessed: 15-Jul-2023].
Haudi, H., Handayani, W., Musnaini, M., Suyoto, Y., Prasetio, T., Pitaloka, E., ... & Cahyon, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 961-972.
Wijoyo, H. The Role Of Employees Engagement And Self-Efficacy On Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H., Aseh, K., Kenny, K., & Pathmathan, P. R. (2020). Success Factors in Achieving Socio-Economic Development in Local Communities. Haudi, Aseh, K., Kenny, K. & Pathmathan, PR (2020). Success Factors in Achieving Socio-Economic Development in Local Communities. Archives of Business Research, 8(11), 101-118.
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. RES MILITARIS, 12(5), 471-484.
Rakhman, R. A., Widiastuti, R. Y., Legowo, N., & Kaburuan, E. M. (2019). Big data analytics implementation in banking industry–Case study cross selling activity in Indonesia’s Commercial bank. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(9), 1632-1643.
Suyudi, S., Setyawati, E., Widiastuti, R. Y., Hermanto, D. M. C., Lianawati, Y., & Wibowo, A. (2023). Digital workplace and SMEs performance: How the Mediating role of digital leadership capability?. International Journal of Social and Management Studies, 4(5), 53-61.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.