Sistem Pakar untuk Mengatasi Pelanggaran Siswa (Studi Kasus: SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo)
Main Article Content
Abstract
Pelanggaran adalah ketidaktaatan, atau bentuk perilaku buruk yang sengaja dilakukan, atau ketidakdisiplinan siswa dalam menjalankan peraturan yang telah diterapkan di sekolah. Banyak sekali mahasiswa yang bertindak menurut kemauannya sendiri dan melakukan pelanggaran. Dari pelanggaran yang paling kecil sampai pelanggaran yang paling besar sekalipun, Untuk mengatasi siswa yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan tersebut, harus ada teknik atau solusi agar siswa menjadi pribadi yang lebih disiplin dan taat pada peraturan sekolah, sehingga tercipta situasi yang tertib dan sesuai dengan norma. yang berlaku di lingkungan sekolah. Tata tertib harus dipatuhi oleh semua warga sekolah, khususnya siswa, karena tujuannya adalah untuk membekali seseorang dengan pedoman yang telah disetujui dalam situasi tertentu. Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, ada aturan tertulis bagi siswa tentang kedisiplinan siswa. Regulasi ini telah diklasifikasikan berdasarkan jenisnya, yaitu regulasi ringan, sedang, dan berat. Meskipun peraturan tersebut sudah tertulis, namun tetap saja dilanggar oleh siswa. Dengan kondisi tersebut, kami ingin mencari teknologi modern untuk mengatasi masalah tersebut. Setidaknya teknologi modern ini bisa membantu sekolah mengurangi pelanggaran yang dilakukan siswa SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Oleh karena itu, kami membuat sebuah aplikasi yang menggunakan konsep sistem pakar. Metode yang digunakan adalah forward chaining.
Downloads
Article Details
Shinta. 2015. “Aplikasi Sistem Pakar Untuk Menentukan Pilihan Karir Berbasis Personality Matching Dengan Metode Forward Chaining”. Skripsi Universitas Narotama: Surabaya.
Arifin,Yanuar. 2017. “Perancangan dan Implementasi Sistem Pakar Troubleshooting Pada Mesin Fotocopy Canon Menggunakan Forward Chaining”. Skripsi Universitas Narotama: Surabaya.
Tim Prima Pena. 2015. “Kamus Besar Bahasa Indonesia”. Jakarta: Gitamedia Press.
Mulyono. 2016. “Kesadaran Berbangsa”. Angkasa: Bandung.
Prayitno. 2017. “Dasar Teori dan Praksis Pendididikan”. Grasindo: Jakarta.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Handayani, W., Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., ... & Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data & Network Science, 6(3).
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Nasien, D., & Wijoyo, H. Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Syardiansah, S., Latief, A., Ramadansyah, J., Wijoyo, H., Prayudi, A., Sisiawan Putra, R., & Musnaini, M. (2021). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance.
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. resmilitaris, 12(5), 471-484.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.