Main Article Content

MENHARD

Abstract

Dalam perkembanganya media interaktif pada kondisi sekarang ini sudah mulai dipergunakan pada lembaga pendidikan yang memberikan variasi baru dalam hal metode pengajaran kepada peserta didik. Media interaktif pada konsep penelitian ini dapat memberikan dampak yang berarti dalam hal peningkatan hasil belajar sesuai dengan target yang dicapai.Akan tetapi prestasi belajar juga dipengaruhi oleh faktor motivasi atau dorongan dari dalam diri sendiri maupun dari luar apabila doroangan tersebut itu bersifat positif akan memberikan dampak terhadap hasil dicapai begitu juga sebaliknya. Dalam menghasilkan prestasi belajar yang tinggi maka peserta didik diharapkan memiliki sikap yang sesuai dengan tujuan untuk pendidikan.Salah satu sikap yang diinginkan yakni bagaimana peserta didik agar dapat bersikap untuk mencintai tanah airnya sendiri, dengan mencintai tanah airnya sendiri maka peserta didik dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang baru dalam mengembangkan negara ke depanya. Hasil penelitian adalah Pengaruh langsung media interaktif terhadap prestasi belajar sebesar 0,425 atau 42,5%. Pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 0,238atau 23,8%.Pengaruh tidak langsung media belajar terhadap cinta tanah air dengan prestasi belajar sebagai variabel perantara sebesar 0 0,069 atau 6,9%. Pengaruh tidak langsung motivasi terhadap cinta tanah air dengan prestasi belajar sebagai variabel perantara sebesar 0,088 atau 8,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Hanim Fitria, Sumarmi, dan Ach Amirudin, 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan, Volume 1, Nomor 4, April.
[2] Hamduh Ghullam dan Lisa Agustina, 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 12, Nomor 1, April.
[3] Rohyati Dwi, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Dan Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Sukabumi 1 dan 6 Gugus 02 Tahun Pelajaran 2014/2015 Di Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, Volume 10, Nomor 2.
[4] Soewono Edy Bambang, 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Menggunakan E-Learning Pendekatan Bimbingan Belajar Berbasis Multimedia. Ikraith- Informatika, Volume 2, Nomor 2, Juli.
[5] Sori Abdul, Syafarudin Siregar, dan Mumu Komaro, 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Kompetensi Proses Mesin Konversi Energi Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 2, No. 1, Juni.
[6] Suhayah Yayah, Enok Maryani dan Ahmad Yani, 2013. Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Cinta Tanah Air Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 13, Nomor 1.