Main Article Content

Stefanus Nanggo Matutina
Elfira Umar
Ferianto Bani

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini semakin pesat menghasilkan produk-produk teknologi yang memberikan manfaat dan kemudahan, mulai dari manfaat ilmu pengetahuan, pendidikan dan hiburan. Berbagai kemudahan hanya bisa didapatkan dengan mengakses internet, menurut peneliti yang dilakukan mukodin pada tahun 2004 adalah 88% adalah email, 84% word wide web, 79% chatting, 68% donwload file, 18% user new a group dan game online sebesar 15%. Game online paling banyak di gunakan oleh anak-anak, karna identik dengan anak-anak, namun sekarang game online digemari banyak orang dari usia anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Dalam perspektif sosiologi orang yang menggunakan game online sebagai candu, cenderung akan menjadi egosentris dan mengedepankan individualis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah mahasiswa terindikasi dengan adanya kecanduan game online dan memberikan masukan kepada pihak STIMIKOM Stella Maris Sumba agar membuat kebijakan yang memanfaatkan internet sebagai proses pembelajaran sehingga tidak terjadi kecanduan internet secara berlebihan. Karena hal tersebut sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran untuk menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi pada mahasiswa. Subjek dilakukan oleh penelitian ini yaitu pada mahasiswa yang sedang menuntut ilmunya di STIMIKOM Stella Maris Sumba. Maka dari penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan klasifikasi algoritma Naïve Bayes, yang dimana datanya diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi informasi bagi mahasiswa untuk mampu menjaga kontrol diri dalam memanfaatkan berbagai hiburan di jaringan internet.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Afrianty, I. (2011). Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy AHP (F-AHP). (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Syahrul perdana kusumawati Antrounairdotnet, Game Online Sebgaia Pola Perilaku (Studi Deskripsi Tentang Interaksi Sosial Gamesrs Clash Of clans Pada Clan Indo Spirit), vol.IV/No.2/Juli 2015, hal 154.
Ridwan Syahran Ketergantungan Online Game dan Penanganannya, Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Volume 1 Nomor1 Juni 2015.
Ganda Yogi dan Yohanes Kartika Coping Pada Remaja Yang Kecanduan Bermain Game online, Jurnal Psikologi Udayana, 2018M.
Arditam, Pramono dan Akbar jurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran. Vol.1, No.1, 2012, Konsep Diri Pemain Game Online: Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Konsep Diri Perempuan Pecandu Online di Jakarta.
Eryzal Novrialdy,Kecanduan Game online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya Buletin Psikologi 2019, Vol 27, No2, 148-158.
Maurice Andrew Suplig, Pengaruh Kecanduan Game online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar JURNAL JAFFRAY, Vol. 15, No. 2,Oktober 2017.
Afrianty, I. (2011). Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy AHP (F-AHP). (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Budi Sutedjo Dharma Oetomo. 2002. e-Education. Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit ANDIN F. Nash, John, diterjemahkan oleh La Midjan. 2003. Sistem Informasi Akuntansi I Pendekatan Manual Pratika Penyusunan Metode dan Prosedur. Bandung: Lembaga Informatika Akuntansi.
Dicky Nofriansyah (2014). “Konsep Data Mining vs Sistem Pendukung Keputusan”. Edisi I, Yogyakarta, Deepublish. Hal 1-5
Jogiyanto, H.M., 2003, Sistem Teknologi Informasi: Penedekatan Terintregasi: Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan Pengelolaan, Andi, Yogyakarta.
John W., (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purhantara, Wahyu. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Saragih. (2013). Penerapan Metode Analitycal Hierarchy process Pada Sistem Pendukung Keputusan pemilihan laptop, Mahasiswa program Studi Teknik Informatika STMIK budi Darma, Medan.
Sari, Febrina. 2018. Metode dalam Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.
Sari, Febrina. 2018. Metode Dalam Pengambilan Keputusan. Deepublish. Yogyakarta. Achmadi, A., dan Narbuko. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Creswell,
Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1 12.
Suhermin (2012). Sistem Informasi Keputusan Tender Proyek Di Kabupaten Bangkalan Menggunakan Accord Model. Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.
Turban, E., Sharda, R., & Delen, D. (2011). Decision Support and Business Intelligence Systems 9th Editon. Pearson Education Inc.
Wardani, S. (2013). Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Pacitan. IJNS, Vol.2, No.2, hal 30-37.
Widiati, W., & Putri, K. S. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Penerimaan Siswa Baru Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Bianglala Informatika, 6(1), 80-87. Yakub, 2012, Pengantar Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Haudi, H., Handayani, W., Musnaini, M., Suyoto, Y., Prasetio, T., Pitaloka, E., ... & Cahyon, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 961-972.
Wijoyo, H. The Role Of Employees Engagement And Self-Efficacy On Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H., Aseh, K., Kenny, K., & Pathmathan, P. R. (2020). Success Factors in Achieving Socio-Economic Development in Local Communities. Haudi, Aseh, K., Kenny, K. & Pathmathan, PR (2020). Success Factors in Achieving Socio-Economic Development in Local Communities. Archives of Business Research, 8(11), 101-118.
Utomo, B., Wijoyo, H., Wikantari, M. A., Supriadi, Y. N., & Siswantini, T. (2022). Evaluation of the Quality of Online Learning during the Covid-19 post Pandemic: An Empirical Study at Indonesian University. RES MILITARIS, 12(5), 471-484.
Rakhman, R. A., Widiastuti, R. Y., Legowo, N., & Kaburuan, E. M. (2019). Big data analytics implementation in banking industry–Case study cross selling activity in Indonesia’s Commercial bank. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(9), 1632-1643.
Suyudi, S., Setyawati, E., Widiastuti, R. Y., Hermanto, D. M. C., Lianawati, Y., & Wibowo, A. (2023). Digital workplace and SMEs performance: How the Mediating role of digital leadership capability?. International Journal of Social and Management Studies, 4(5), 53-61.