Sistem Perlawanan Musuh Dengan Artificial Intelligence (AI) Finite State Machine (FSM) Pada Game Petualangan
Main Article Content
Abstract
Game adalah bentuk hiburan yang diminati berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa.Game dipilih sebagai hiburan karena membantu seseorang melepaskan kepenatan dari rutinitas sehari-hari dan mengisi waktu luang. Kebanyakan game memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, sehingga membuat pemain tertarik untuk menyelesaikan permainan tersebut.Kebutuhan AI dalam game semakin meningkat seiring perkembangan zaman. AI berkembang dengan gerakan yang beragam untuk menghindari kebosanan.Metode dalam penelitian ini yaitu dimulai dari Studi Literatur, menganalisis Sistem dan Kebutuhan kemudian merancang Animasi dan Sistem, Implementasi, Pengujian, dan Evaluasi.Pada tahap ini hasil dan pembahasan dilakukan implementasi dengan merancang asset,animasi dan sistem perlawanan serta akan dilakukan pengujian animasi, blackbox testing dan pengujian aplikasi.Analisis penelitian "Sistem Perlawanan Musuh dengan Artificial Intelligence (AI) Finite State Machine pada Game Petualangan" menyimpulkan bahwa sistem perlawanan dan animasi berfungsi dengan baik. Implementasi AI Finite State Machine pada musuh dalam game petualangan efektif dalam mengatur perilaku dan respons musuh terhadap situasi dalam permainan. Musuh dapat beralih antara keadaan dengan respons yang tepat.
Downloads
Article Details
[2] F. Marzian and M. Qamal, “GAME RPG ‘THE ROYAL SWORD’ BERBASIS DESKTOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM).”
[3] T. Ardyanto and A. R. Pamungkas, “Pembuatan Game 2D Petualangan Hanoman Berbasis Android.”
[4] N. Wiyendi, D. H. Setiabudi, and H. Juwiantho, “Penerapan Probabilistic FSM pada AI musuh dalam game ARPG untuk gerakan AI tidak monoton.”
[5] A. S. Milak, E. W. Hidayat, A. Putra Aldya, and P. Korespondensi, “PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA NON-PLAYER CHARACTER MENGGUNAKAN ALGORITMA COLLISION AVOIDANCE SYSTEM DAN RANDOM NUMBER GENERATOR PADA GAME 2D ‘BALAP EGRANG,’” vol. 7, no. 5, pp. 985–992, 2020, doi: 10.25126/jtiik.202071816.
[6] M. Fauzan Rahadian et al., “PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME ‘THE RELATIONSHIP,’” 2016.
[7] A. Satriawan and H. Al Fatta, “GAME EDUKASI ‘BABY LOST IN THE JUNGLE’ DENGAN ADOBE FLASH CS3,” vol. 12, no. DESEMBER, 2011.
[8] “349-932-2-PB”.
[9] S. Rayhan, H. Amnur, and T. Gusman, “3D Virtual Tour Rumah Gadang Istana Pagaruyuang Menggunakan Unreal Engine 4 Berbasis Desktop,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal-itsi.org
[10] A. Fahmi Armanda and M. Rizqi, “Game 3d Perjuangan Rakyat Surabaya Dalam Pertempuran 10 November 1945 Dengan Belanda Menggunakan Unreal Engine.”
[11] Syardiansah, S., Latief, A., Ramadansyah, J., Wijoyo, H., Prayudi, A., Sisiawan Putra, R., & Musnaini, M. (2021). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance.
[12] Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Analysis of most influential factors to attract foreign direct investment. Journal of Critical Reviews, 7(13).
[13] Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Effect of product innovation and marketing strategy on consumer purchase decisions in Indonesia’s lightweight roof steel industry. Journal of Critical Reviews, 7(13).
[14] Wijoyo, H., Prayudi, A., & Putra, R. S. (2020). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance. In Proceedings of the 11th Annual International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (Vol. 58, No. 3, pp. 4419-4425). IEOM Society International.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.