Implementasi Interaktif Desain Karakter Pada Game Petualangan
Main Article Content
Abstract
Karakter memainkan peran penting dalam menyampaikan kehidupan dalam sebuah cerita. Dalam film, karakter membawa penonton melalui perjalanan yang menarik hingga akhir cerita. Dalam game, karakter berfungsi sebagai avatar yang dapat disesuaikan oleh pemain. Mereka menjalani petualangan dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Dalam pengembangan karakter terhubung dengan animasi, Unreal Engine 4 dipilih sebagai mesin game. Penelitian ini melibatkan studi literatur, analisis sistem, perancangan karakter game, implementasi, pengujian, dan evaluasi sistem. Implementasi game dilakukan sesuai dengan diagram sistem yang telah dibuat sebelumnya, termasuk desain karakter, animasi, sistem Blueprint, serta pengujian animasi karakter dan aplikasi secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter dapat terintegrasi dengan animasi dengan baik menggunakan fitur retargeting, memungkinkan karakter untuk berinteraksi satu sama lain dan menciptakan animasi yang seragam. Karakter juga dapat dengan mudah mengganti penampilannya melalui penggantian mesh. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi, ditemukan bahwa persentase penggunaan yang layak adalah 78%.
Downloads
Article Details
Edyati, H. D., & Ramadhani, N. (2021). Perancangan Animasi 2D “Pangeran Lembu Peteng” dengan Teknik Manual Drawing. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i2.58249
Fresy Nugroho, & Fachrul Kurniawan. (2012). Permainan Bergenre Petualangan (Adventure Game) Berbasis Android Dengan Konten Pembelajaran Huruf Hijaiyah/Bahasa Arab Fresy Nugroho (1) , Fachrul Kurniawan (2).
Grivin, M. W. (2008). Game Engine. Tek. Inform. Fak. Ilmu Komputer, Univ. Klabat Manad.
Kuntjara, H., & Almanfaluthi, B. (n.d.). Character Design in Games Analysis of Character Design Theory.
Maryani, D. (n.d.). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. In Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi (Vol. 6). Online.
Masfufah, E., Rohman, M. G., & Susiolo, P. H. (2017). APLIKASI GAME PETUALANGAN SI KANCIL BERBASIS ANDROID. Jouticla, 2(2). https://doi.org/10.30736/jti.v2i2.65
Novantoro, A. (2016). TA : Perancangan Game Platform Bergenre Side Scrolling Tentang Sandi Morse Berjudul “Morse” [Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya]. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1791/
Putra, J. C., Rizqi, M., Studi, P., & Komputer, S. (n.d.). Kecerdasan Buatan Virtual Assistant Pada Permainan Menggunakan Metode Finite State Machine. In Journal of Animation & Games Studies (Vol. 7, Issue 2).
Rizal Rizqyawan, M. (2017). PENGEMBANGAN GAME ADVENTURE “SATRIA GARUDA” DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM (Finite State Machine) & FUZZY LOGIC. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) (Vol. 1, Issue 1).
Syarif, S., Hasanuddin, T., & Hasnawi, M. (2022). Perancangan Game Puzzle Labirin menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) berbasis Unreal Engine. Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam, 3(1), 34–41. https://doi.org/10.33096/busiti.v3i1.582.
Syardiansah, S., Latief, A., Ramadansyah, J., Wijoyo, H., Prayudi, A., Sisiawan Putra, R., & Musnaini, M. (2021). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Analysis of most influential factors to attract foreign direct investment. Journal of Critical Reviews, 7(13).
Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Effect of product innovation and marketing strategy on consumer purchase decisions in Indonesia’s lightweight roof steel industry. Journal of Critical Reviews, 7(13).
Wijoyo, H., Prayudi, A., & Putra, R. S. (2020). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance. In Proceedings of the 11th Annual International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (Vol. 58, No. 3, pp. 4419-4425). IEOM Society International.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.