Main Article Content

Luken Ardianto
Achmad Zakki Falani

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam usaha meningkatkan pendapatan, oleh karena itu penyebar luasan informasi dan pengenalan mengenai lokasi wisata sangat diperlukan, supaya calon wisatawan lebih banyak mengenal tempat-tempat untuk berwisata. Untuk mengenalkan lokasi wisata yakni membutuhkan suatu media seperti virtual tour. Virtual Tour adalah sebuah simulasi dari sebuah lokasi dengan sudut pandang 360 derajat yang terdiri dari rentetan gambar yang telah digabungkan (stitching). Untuk menghasilkan sebuah virtual tour ini menggunakan software pendukung yang dilengkapi dengan berbagai bahasa pemrograman supaya proses pengeditan dapat menghasilkan gambar panorama yang lebih sempurna. Tujuan pembuatan virtual tour adalah untuk memperkenalkan suatu lokasi wisata agar calon wisatawan dapat mengenal lokasi wisata tersebut dan dapat dijadikan sebagai acuan untuk menentukan destinasi wisata.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
A. Z. Falani, H. Agha, S. Ramadan, & E. Setiawan. (2016). Implementasi Sistem Virtual Tour Berbasis E-Panorama Untuk Pengenalan Kampus Universitas Narotama Surabaya. Jurnal Insand Comtech, 1(1), 9–16.
Bhahri, L. E. S. (2021). E-Tourism Dalam Pengenalan Sektor Pariwisata Berbasis Android Di Kota Makassar. E-Jurnal JUSITI (Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi), 10(1), 94–106. https://doi.org/10.36774/jusiti.v10i1.824
Komalasari, R., Pramesti, P., & Harto, B. (2020). Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Altasia: Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2), 163–170. https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.559
Pramada, A., & Falani, A. Z. (2023). Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis Lokasi Wisata Kota Surabaya Berbasis Virtual Tour dan E-Panorama. XIV(2), 174–181.
Ratna Sari, D. (2021). E-Tourism Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(4), 62–67. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.
Syardiansah, S., Latief, A., Ramadansyah, J., Wijoyo, H., Prayudi, A., Sisiawan Putra, R., & Musnaini, M. (2021). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Analysis of most influential factors to attract foreign direct investment. Journal of Critical Reviews, 7(13).
Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Effect of product innovation and marketing strategy on consumer purchase decisions in Indonesia’s lightweight roof steel industry. Journal of Critical Reviews, 7(13).
Wijoyo, H., Prayudi, A., & Putra, R. S. (2020). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance. In Proceedings of the 11th Annual International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (Vol. 58, No. 3, pp. 4419-4425). IEOM Society International.